Jakarta Diancam Gempa Merusak, Anies baswedan Bakal Bertemu BMKG ?

0
417
Copyright©Medcom

Wilayah Jakarta Diintai Gempa Bumi, Anies baswedan Bakal Gelar Pertemuan dengan BMKG !

Indowarta.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan yang bakal bertemu dengan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk membahas potensi gempa bumi yang dapat merusak Jakarta. Menurut rencana, pertemuan tersebut yang diperkirakan bakal dilakukan dalam waktu dekat.

Lanjut Baca : Gempa Bumi Berkekuatan 5,8 SR Guncang Yogyakarta Rabu Dini Hari !

Anies yang menyatakan sebelumnya ia telah bertemu dengan pihak BMKG tetapi belum membahas secara detail terkait potensi gempa bumi yang mengintai ibu kota. Ia yang sudah mengatur jadwal supaya dapat segera menggelar diskusi komprehensif dengan BMKG.

BMKG
Copyright©liputan6

“Saya belum mau bicara itu sebelum lengkap bicara dengan BMKG. Nanti akan didiskusikan secara komperhensif soal mitigasi yang dilakukan di DKI,” kata Anies saat dikonfirmasi, Jumat (5/10/2018).

WAJIB BACA :  Prabowo Mengaku Beruntung Anies Baswedan dan Sudirman Said Dicopot Jokowi !

Anies yang menerangkan mengenai diskusi komprehensif yang sudah dilakukan dan membuahkan hasil, tentu hasil tersebut bakal disampaikan ke hadapan publik. Dan ia ingin menyampaikan secara keseluruhan mengenai langkah mitigasi yang bakal ditempuh supaya tidak menimbulkan kekhawatiran masyarakat di ibu kota.

“Dari situ kita baru bicara pada masyarakat luas. Jadi, tidak sporadik dan parsial. Kita harus merujuk pada yang punya otoritas informasi lengkap, kalau saya yang ngomong nanti salah,” ungkap Anies.

Dimana sebelumnya, Kepala Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono yang telah mengatakan tahun 1699 sampai sekitar tahun 1700-an telah ada 3 gempa yang merusak Jakarta. Hal ini yang membuat Jakarta dirasa tidak aman dari musibah gempa bumi.

WAJIB BACA :  MRT Jakarta Beroperasi, Ini Perkiraan Tarif yang Bakal Diberlakukan !

Lanjut Baca : Gempa Bumi Berkekuatan 6,2 SR dan 5,8 SR Guncang Kupang NTT, Begini Antisipasinya !

“Siapa yang bilang Jakarta aman itu tidak tepat karena historinya ada, pembakit gempa Jakarta itu bisa sesar Lembang, sesar baribis, bisa simandiri, atau megatras barat, atau selat Sunda, jadi ada banyak ada 5,” kata Daryono.

Oleh sebab itu, Daryono yang mengatakan sudah waktunya wilayah Jakarta untuk melakukan edukasi gempa. Seperti contoh yang telah terjadi gempa pada Januari 2018 di Jakarta. Dimana gempa tersebut, Daryono yang menyampaikan satu peringatan supaya masyarakat harus meningkatkan kewaspadaanya.

“Kalian merasakan awal Januari gempa yang gede, itu sebenarnya ya peringatan, supaya kita sadar,” ujar Daryono.

Lanjut Baca : Bencana Gempa Bumi Berkekuatan 3,6 SR Guncang Lombok Utara !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here