Pelapor Kasus Korupsi Bakal Dihadiahi Hingga Rp200 Juta !

0
218
Copyright©Okezone

Jokowi Terbitkan PP 43/2018, Pelapor Kasus Korupsi Akan Mendapat Hadiah Rp200 Juta !

Indowarta.com – Pemerintah Joko Widodo (Jokowi) yang telah menerbitkan Peraturan Pemerintah (Perpres) Nomor 43 Tahun 2018 tentang Tata Cara Pelaksanaan Peran Serta Masyarakat dan Pemberian Penghargaan Dalam Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Dimana PP tersebut yang telah di terbitkan

Lanjut Baca : Viral, Paspampres Betulkan Pose 2 Jari Mahasiswa saat Berfoto dengan Jokowi !

Dengan menimbang Pasal 41 Ayat (5) dan Pasal 42 Ayat (2) UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana yang telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi yang telah ditetapkan PP Nomor 71 Tahun 2000

WAJIB BACA :  Dicekal ke Luar Negeri, Ahmad Dhani Yakin jika Polisi Anti Oposisi !
Copyright©liputan6

Tentang Tata Cara Pelaksanaan peran Serta Masyarakat dan Pemberian Penghargaan dalam Pencegahan serta Pemberantasan Tindan Pidana Korupsi. Adapun aturan tersebut yang menyampaikan, jika para pelapor kasus korupsi dapat diberikan berupa penghargaan yakni piagam dan premi sebesar 2 persen dari total kerugian keuangan negara seperti yang telah diatur dalam Pasal 17 dari PP 43/2018.

“Besaran premi yang diberikan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) paling banyak Rp200 juta,” tulis Pasal 17 dari PP 43/2018 sebagaimana yang dikutip Okezone dari laman resmi Setgab.go.id, Selasa (9/10/2018).

Sedangkan untuk pelapor atau masyarakat yang telah memberikan informasi mengenai adanya dugaan suap juga bakal mendapatkan apresiasi yakni dengan besaran premi paling banyak Rp 10 juta.

WAJIB BACA :  Jurkam Prabowo Menduga, Suap Meikarta Ada Kaitannya ke Timses Jokowi !

Lanjut Baca : Cak Imin: Hoaks Ratna Sarumpaet Jadi Pukulan Telak, Pemilih Prabowo Merapat ke Jokowi !

“Besaran premi yang diberikan pemerintah sebagaimana yang dimaksud Ayat (3) paling banyak Rp10 juta,” tulis Pasal 17 Ayat (4) dari PP Nomor 43/2018 tersebut.

Selanjutnya, Pasal 18 dari PP Nomor 43/2018 yang mengatur tentang pemberian penghargaan yakni berupa piagam atau premi yang diberikan berdasarkan penilaian dalam keputusan pimpinan instansi penegak hukum. Dimana penghargaan ataupun premi dari pelapor ataupun masyarakat yang telah memberikan informasi mengenai

Adanya dugaan tindak pidana korupsi ataupun suap yang bakal dicairkan paling lama tujuh hari kerja, terhitung semenjak tanggal berakhirnya penilaian.

WAJIB BACA :  4 Tahun Pemerintahan Jokowi-Kalla, Ini Kritikan Sandiaga Uno !

“Pelaksanaan Pemberian penghargaan berupa piagam dilakukan dalam jangka waktu paling lambat 7 hari kerja terhitung sejak tanggal keputusan instansi pimpinan penegak hukum itu ditetapkan,” tulis Pasal 19 PP Nomor 43/2018 itu.

Lanjut Baca : Pro Kontra Pembuatan Patung Jokowi di NTT Diminta Dikaji Ulang !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here