Beredar Video Pengusiran Relawan di Palu Viral di Medsos, Begini Penjelasan BPNB !

0
345

Viral, Relawan BPBD di Palu Diusir dari Kantor Bappeda, Ada Apa ?

Indowarta.com – Terdapat sebuah video yang menunjukkan adanya pengusiran terhadap relawan penanganan bencana di Palu, Sulawesi Tengah, yang viral dan beredar luas di media sosial. dimana dalam video tersebut yang berdurasi sekitar 11 menit yang diunggah di YouTube, yang telah memperlihatkan

Lanjut Baca : Viral, Video Sekeluarga Boncengan Lima Naik Motor Matik di Pangkalpinang !

Kondisi disekitar kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Palu yang disibukkan dengan kegiatan sejumlah relawan yang turut membongkar tenda serta mengemasi barang-barangnya untuk pindah ke tempat lain. Dimana para relawan tersebut yang mengatakan mereka diusir sebab barang-barang kantor Bappeda yang dilaporkan telah hilang.

Copyright©liputan6

Dimana para relawan yang menjadi tertuduh atas hilangnya barang-barang itu.

“Alasannya, saya juga belum dengar pasti, cuma permasalahan yang tadi berkembang banyak barang-barang di Bappeda yang hilang. Sedangkan menurut teman-teman, mungkin saja kejadian hilang barang itu sebelum kami masuk, kan waktu awal gempa banyak kejadian penjarahan,” kata salah satu relawan dari Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Nasional Penanggulangan Bencana, dalam video.

Hal serupa juga diungkapkan melalui relawan yang lain pada waktu berada di kantor Bappeda Palu.

“Kami di sini diusir sama pemerintah, Kepala Bappeda, karena kami ini dituduh mencuri. Sampai-sampai kami diusir, disuruh pindah. Padahal, niat kami ke sini baik, membantu warga Palu yang kita dapat malah balasannya diusir, dikira pencuri,” kata relawan itu.

Tetapi, para relawan tersebut yang ternyata tak terdiri dari relawan BPBD se-Indonesia tersebut yang mengatakan tidak bisa berbuat banyak.

Lanjut Baca : Viral Doktrin Anti Presiden Bikin Syok Guru Agama SMAN 87 Jakarta, Akhirnya Bikin Surat…

“Justru sebenarnya dengan kehadiran kami, sedikit membantu proses keamanan di sekitar sini. Tapi kami mau bagaimana, kami terima lapang dada saja. Kami lanjutkan untuk bantu masyarakat Palu dan sekitarnya,” kata salah satu relawan medis dari Banggai Kepulauan.

Sementara Kepal Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho yang lantas memberikan sejumlah penjelasan. Dimana Sutopo yang membantah jika Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola yang telah mengusir para relawan dari halaman kantor Bappeda Kota Palu.

“Gubernur Sulawesi Tengah mengatakan tidak ada istilah diusir,” kata Sutopo dalam keterangan tertulis, Rabu (10/10/2018). “Yang benar adalah meminta Kepala BPBD Sulawesi Tengah untuk mengatur dan merelokasi semua relawan-relawan BPBD yang ada di kantor Bappeda ke kantor BPBD Sulteng karena kantor Bappeda akan dipakai para ASN yang sudah mulai aktif sejak Senin (8/10/ 2018),” ujar dia.

Lanjut Baca : Viral, Paspampres Betulkan Pose 2 Jari Mahasiswa saat Berfoto dengan Jokowi !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here