Viral, Penampakan 4 Matahari di Kepulauan Riau, Fenomena alam yang Bikin Heboh !

0
2056
Copyright©detik

Heboh, Muncul 4 Matahari di Kepulauan Riau, Apa yang Terjadi ?

Indowarta.com – Beredar sebuah video penampakan matahari yang viral di media sosial. dimana matahari yang dalam video tersebut yang seolah tidak hanya satu, namun terlihat ada di sejumlah titik. Lantas Fenomena apakah ini ?

Sebuah video yang viral tersebut yang diketahui tengah terjadi di Kepulauan Riau. Namun belum diketahi kapan pengambilan video ini. Berdasarkan video ini, rupanya warga yang dibikin heboh menatap langit. Banyak dari warga yang turut mengabadikan fenomena matahari yang seakan-akan ada empat itu.

Lihat Juga : Beredar Video Pengusiran Relawan di Palu Viral di Medsos, Begini Penjelasan BPNB !

Sementara peneliti Sains Atmosfer Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Erma Yulihastin yang mengatakan fenomena matahari yang sebagaimana terrekam dalam video yang viral tersebut dinamakan sun dog. Dimana sun dog sebagai fenomena saat matahari terlihat lebih dari satu. Tetapi menurut Erma,

WAJIB BACA :  Viral Air Laut Terbelah Dua di Selat Madura, Begini Penjelasan Pakar !
Copyright©suara

Bukan jumlah matahari yang bertambah, namun hanya pantulan sinar matahari. Sehingga matahari yang seakan bertambah sebab sinar matahari yang menerobos awan sirus, awan yang diketahui memiliki kandungan kristal es itu.

“Syarat pertama, pembentukan di musim kemarau ketika uap air sangat minim, kering, dan dingin. Kedua, harus ada awannya, awan sirus yang mengandung kristal es sehingga dia yang nantinya berfungsi sebagai restructor sinar matahari sehingga (matahari) bisa tampak menggandakan diri seperti itu,” kata Erma saat dihubungi detikcom, Kamis (11/10/2018).

Lihat Juga : Viral, Video Sekeluarga Boncengan Lima Naik Motor Matik di Pangkalpinang !

Namun disini Erma yang mengaku sempat kaget saat melihat fenomena sun dog seperti dalam video. Karena, dalam video itu jelas sekali bahwa matahari yang terlihat ada banyak.

WAJIB BACA :  Bikin Heboh, Video Rudy ‘Gajah’ Jadi Kapolda Metro Jaya Hanya Guyonan !

“Sebenarnya, bentuknya juga nggak selalu persis seperti matahari juga, bisa seperti pancaran cahaya yang membaur, bisa juga nggak terlalu jelas mataharinya. Tapi yang beredar kan yang jelas banget, ya, itu mungkin karena posisi matahari itu rendah. Jadi memungkinkan untuk menggandakan diri, terlihat seperti itu,” papar Erma.

Lantas Erma yang mengatakan fenomena sun dog yang sering terjadi di luar negeri. “Sebab awannya lebih dingin,” pungkasnya.

Lihat Juga : Viral, Paspampres Betulkan Pose 2 Jari Mahasiswa saat Berfoto dengan Jokowi !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here