Penjelasan BMKG Soal Gempa Lebak Banten Berkekuatan 5,2 SR yang Tak Dirasakan Warga !

0
361
Copyright©liputan6

Gempa 5,2 SR di Lebak Banten dan Letusan Gunung di Selat Sunda !

Indowarta.comGempa yang terkekuatan 5,2 dirasakan oleh masyarakat pesisir selatan Kabupaten Lebak, Banten pukul 02.38 WIB. Dikatakan warga yang tidak merasa panik dalam aktivitasnya. Dimana mereka yang mengaku tetap terlelap dalam tidur nya walaupun getaran tersebut dirasakan dalam beberapa detik saja.

Lihat Juga : Gempa Bumi Berkekuatan 5,8 SR Guncang Yogyakarta Rabu Dini Hari !

“Kita dinihari tadi merasakan gempa Lebak yang berlangsung beberapa detik, namun getarannya sangat kecil,” kata Erwin Komara Sukma, seorang tokoh Desa Sawarna Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak seperti dilansir Antara, Minggu (14/10/2018).

Copyright©liputan6

Menurutnya, kondisi masyarakat yang kali ini sudah kembali normal usai gempa itu melanda. Ditambah masyarakat yang umumnya merasakan getaran saat gempa yang berlokasi di Desa Sawarna tersbut yang diketahui berdekatan dengan pusat gempat. Sementara badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG)

WAJIB BACA :  Ternyata Longsoran ini yang Sebabkan Tsunami Selat Sunda Seluas 64 Hektar !

Yang mencatat, pusat gempa yang berada di 9,00 Lintang Selatan, 105,26 Bujur Timur atau tepatnya berada di 292 kilometer Barat Daya Lebak, Banten. Dengan kejadian tersebut, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebaj Kaprawi yang hingga kini mengaku masih belum ada laporan mengenai kerusakan atau adanya korban jiwa.

Namun dirinya yang berharap, jika hal tersebut tidak terjadi. “Kami hingga kini belum menerima laporan dari relawan kecamatan yang bertugas di wilayah selatan adanya kerusakan rumah warga maupun infrastruktur lainnya,” kata Kaprawi.

Lihat Juga : Gempa Bumi Berkekuatan 6,2 SR dan 5,8 SR Guncang Kupang NTT, Begini Antisipasinya !

Disini Kaprawi yang menyatakan, sampai dengan saat ini, masyarakat pesisir selatan yang lokasinya berada dekat dengan pusat gempa tidak panik sebab getaran tirasakan tidak terlalu besar.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Analisa BMKG Soal Gempa di Filipina!

“Kehidupan masyarakat relatif normal dan tidak menimbulkan kepanikan dan ketakutan”, kata dia.

Dimana gempa yang dirasakan lemah sehingga tidak terdapat kerusakan yang berarti ataupun adanya korban jiwa. Tetapi, dia yang meminta kepada masyarakay pesisir selatan untuk terus bersikap waspada sehubungan wilayah Perairan Samudera Hindia yang terdapat patahan gempa.

“Kami minta masyarakat tetap tenang dan tidak panik menghadapi gempa itu,” Kaprawi menandaskan.

Lihat Juga : Bencana Gempa Bumi Berkekuatan 3,6 SR Guncang Lombok Utara !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here