Hanya Dengan Cuci Tangan, 5 Penyakit ini Segan untuk Mampir !

0
360
Copyright©liputan6

Jangan Sepelekan, Cuci Tangan Dapat Tangkal 5 Penyakit Berbahaya ini Lho !

Indowarta.com – Kamu bisa mencegah terjadinya lima penyakit yang berbahaya sebab rajin cuci tangan yakni dengan sabun dan air yang mengalir. Selain untuk kebersihan diri, mencuci tangan secara rutin juga berguna untuk memegang apa saja pada waktu-waktu yang penting, dimana hal ini bisa menghadang penyakit-penyakit masuk ke dalam tubuh anda.

Lanjut Baca : Tips Mengatasi Sakit Asam Lambung dengan Dengan Susu Emas Menyegarkan!

Diare

Apabila anda tidak mencuci tangan dengan baik dan benar sebelum makan, bisa jadi kuman ataupun bakteri berbahaya seperti salmonela, virus hepatitis A, Escherichia coli, atau telut cacing dapat ikut masuk ke dalam tubuh bersama dengan makanan yang kita konsumsi. Oleh sebab itu, dapat menimbulkan penyakit seperti diare, mual muntah dan sakit perut.

Copyright©alodokter

Pneumonia

Infeksi pada saluran pernafasan akut dan pneumonida juga dapat memicu penyakit berbahaya pada anak di bawah 5 tahun. Sementara kabar baiknya, hanya dengan rajin mencuci tangan dapat mengurangi resiko terjadinya infeksi saluran pernafasan sebesar 25 persen. Selain pneumonia, common cold atau pilek juga dapat ditangkal dengan rajin mencuci tangan dengan sabut dan air yang mengalir.

Pencegahan Wabah

Dengan rajin mencuci tangan, anda dapat ikut membantu program pemerintah dalam mencegah penyakit wabah seperti kolera maupun ebola. Dimana keduanya merupakan penyakit yang menjadi fokus utama pemerintah supaya dapat segera di eliminasi.

Lanjut Baca : Tips Alami Untuk Mengatasi Kulit Berminyak!

Infeksi Nosokomial

Kebiasaan mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir juga perlu diterapkan kepada para tenaga medis. Dimana hal ini yang dapat mencegah infeksi nosokomial (berkaitan dengan rumah sakit), yang merupakan penyebab resistensi antibiotik para pasien yang dirawat di rumah sakit. Dimana infeksi nosokomial ini yang mampu meningkatkan risiko pasien dirawat lebih lama sebab adanya infeksi.

Infeksi Parasif

Disamping dipercaya mengurangi risiko timbulnya penyakit kulit dan mata, mencuci tangan dengan sabun dan air mengali juga dapat diandalkan untuk mencegah infeksi cacing pada pencernaan.

Berikut cara cuci tangan yang baik :

  1. Gosok kedua telapak tangan dengan cara menempelkan bagian telapak tangan
  2. Gosok kedua punggung tangan. Telapak tangan kanan menggosok punggung tangan kiri, begitu pua sebaliknya.
  3. Gosok sela jari dengan cara menyilangkan jari tangan kanan dan kiri.
  4. Bersihkan ibu jari. gosok dengan ibu jari tangan kanan secara memutar begitu juga sebaliknya.
  5. Bersihkan kuku dan ujung jari dengan cara menguncunpkan jari-jari agar saling bertemu.
  6. Langkah diatas gunakan dengan air bersih mengalir dan gunakan sabun anti bakteri.

Lanjut Baca : Tips Memperlambat Proses Penuaan Wajah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here