Viral, Ida Ayu Sekolah Sambil Jualan Cilok untuk Bertahan Hidup !

0
407
Copyright©okezone

Demi Bayar Sekolah, Siswa SMK ini Tak Malu Sekolah Sambil Jualan Cilok !

Indowarta.com – Nama Ida Ayu Riski Susilowati jadi viral di media sosial. dimana ketika anak seusianya sibuk bermain dengan teman atau gadgetnya, sementara Ida Ayu panggilan akrabnya yang malah sibuk dengan berjualan cilok. Dan mirisnya, setiap hari cilok dagangannya itu yang ia bawa ke sekolah. Ketika jam istrirahat,

Ikuti Juga : Viral, Aksi Heroik Ibu Selamatkan Bayi dari Lilitan Ular Piton Berukuran 4 Meter !

Ida yang malah memanfaatkan waktunya untuk berjualan cilok di lingkunan sekolah dengan waktu 15 menit. Dari hasil jualan cilok, gadis yang duduk dibangku kelas XII SMK Bhakti Karya Karanganyar ini yang dapat menghidupi dirinya bersama dengan satu adiknya di rumah peninggalan sang nenek di Desa Kebonagung Kulon RT 06/06, Suruh-Tasikmadu, Karanganyar.

Copyright©okezone

Ketika okezone menyambangi sekolah dimana Ida Ayu menimba ilmu, dirinya kebetulan yang sedang tak membawa cilok dagangannya. Dimana Ida Ayu yang mengaku dirinya hari ini tak berjualan sebab kecapekan.

“Saya capek banget hari ini. Jadi, hari ini saya tidak berjualan,” papar Ida Ayu, anak ketujuh dari sepuluh bersaudara mengawali pembicaraannya pada Okezone, Senin (22/10/2018).

Ia yang kini tinggal bersama dengan adiknya di rumah neneknya. Sudah dua tahun Ida Ayu tinggal di rumah neneknya. Semenjak ayahnya meninddal dunia serta ibunya yang tinggal dan bekerja di Bekasi, dirinya bersama dengan sang adik memilih tinggak bersama neneknya di kampung. Tetapi takdir berkata lain.

Nenek Ida Ayu yang tak lama juga meninggal dunia. Semenjak saat itu, siswa SMK jurusan Akuntansi kelas XII harus berjuang keras untuk mengejar impiannya. Dimana perjuangan tersebut dilaluinya  sejak pukul 02.00 WIB. Ketika semua anak masih terlelap, sementara Ida Ayu yang harus bangun untuk menyiapkan cilop dagangannya.

“Setiap pagi pukul 02.00 saya harus bangun, bikin cilok. Setelah selesai menyiapkan sarapan, baru mandi dan berangkat sekolah,” papar Ida.

Ikuti Juga : Viral, Video Gatot Nurmantyo Bahas Ulama Hingga Ngaku Mau Ditangkap !

Munculnya rasa lelah dan kantuk serta keringat yang tak dirasakannya. Dengan mengayuh sepeda dan membawa gerobak ciloknya, Ida Ayu berangkat ke sekolah dengan dua tujuan, yakni menimba ilmu dan berdagang untuk mencari rejeki. Diketahui jarak tempuh sekolah dan rumahnya sekitar 10 kilometer, kegiatan ini yang dijalaninya hampir tiap hari.

Dalam sehari, Ida Ayu yang mengantongi setidaknya uang Rp30 ribu. Sebagian ditabung dan sebagian lagi untuk makan dan juga biaya sekolah. Terkadang, untuk makan sehari-hari, dirinya memasak, membeli di luar atau diberi kerabatnya.

“Sudah setahun ini saya jualan cilok untuk biaya hidup dan sekolah saya dan adik. Dulu masih ada nenek, sekarang sudah meninggal,” ucapnya.

Ketika ditanya, apakah Ida Ayu malu sekolah sambil jualan. Dirinya tegas menjawab tidak ada rasa malu.

Ikuti Juga : Viral Video Aksi “Ngedrift” yang Gagal di tawangmangu, Polisi Tahan Pemilik Mobil !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here