KPU dan Bawaslu Larang Keras Debat Capres-Cawapres di Kampus !

0
1398
Copyright©kumparan

Ini Alasan KPU dan Bawaslu Larang Debat Capres-Cawapres di Kampus !

Indowarta.com – Tim pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang telah mengusulkan supaya debat Pilpres 2019 diadakan di kampus. Dimana usulan ini yang menimbulkan pro kontra mengenai boleh tidaknya kampus dijadikan tempat debat capres-cawapres. Sementar komisioner KPU Wahyu Setiawan yang mengatakan

Ikuti Juga : Mendagri Minta KPU Hentikan Kampanye Pemilu di Wilayah Bencana Palu-Donggala !

Debat merupakan salah satu cara kampanye, sedangkan kampus merupakan lembaga pendidikan yang dilarang keras dijadikan tempat kampanye.

Copyright©kumparan

“Kita akan taati sesuai peraturan berlaku, kampanye enggak boleh dilaksanakan di lembaga pendidikan,” ucap Wahyu di Kantor Bawaslu RI, Jakarta Pusat, Selasa (23/10).

WAJIB BACA :  Dinilai Merugikan, Kubu Prabowo-Sandiaga Boikot Metro TV !

KPU yang menyatakan, tak mungkin melanggar ketentuan yang telah dibuat dalam peraturan KPU ataupun UU Pemilu. Mengenai alasan civitas akademika yakni mahasiswa otomatis terlibat di forum debat, KPU dapat mempertimbangkan.

“Jalan tengahnya debat akan kita laksanakan di luar lembaga pendidikan, tetapi kita akan menghadirkan semua kelompok masyarakat, semua pemangku kepentingan, termasuk dalam hal ini civitas akademika,” tuturnya.

Dilain sisi, penjelasan yang serupa juga diungkapkan oleh Komisioner Bawaslu Ratna Dewi. Dimana sekalipun itu debat di kampus yang tak mengandung unsur kampanye seperti ajakan untuk memilih atau identitas kampanye, tetapi tempat tersebut sangat dilarang.

Ikuti Juga : Kemesraan Jokowi dan Prabowo Saat Ambil Nomor Urut di KPU !

“Debat itu salah satu bentuk kampanye. Jadi enggak bisa kalau debat dibatasi enggak boleh bawa unsur-unsur kampanye, dan dia itu dilakukan di masa kampanye yang ditentukan KPU. Kita enggak bisa lakukan di tempat dilarang,” ucap Ratna Dewi di lokasi sama.

WAJIB BACA :  Di Singapura, Prabowo Sebut Korupsi RI Sudah Seperti Kanker Stadium 4 !

Mengenai Pemilu 2014 yang pernah ada debat Pilpres di Kampus UI, dimana Ratna yang menyatakan tak diadakan oleh KPU, tetapi media. “Menurut pendapat Bawaslu sejatinya tidak dilakukan di kampus karena itu bagian dari kampanye,” tuturnya.

Saya sarankan janganlah karena berpotensi melakukan pelanggaran. Siapa yang bisa menjamin bukan pelanggaran,” pungkasnya.

Ikuti Juga : KPU Resmi Larang Eks Napi Korupsi Jadi Caleg dalam Pemilu 2019 Nanti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here