Tiket Bus Dibayar Sampah Plastik, Surabaya Jadi Sorotan Media Asing !

0
322
Copyright©reuters

Unik, Suroboyo Bus, Bayar Karcis Bisa Pakai Sampah Plastik Lho !

Indowarta.com – Surabaya, pada April lalu telah meluncurkan mode transportasi umum baru, yakni jalur bus yang karcisnya dibayar menggunakan sampah plastik, misalnya botol plastik atau gelas plastik. Dimana gagasan tersebut yang hingga jadi sorotan internasional. Dikatakan Bus Suroboyo ini yang tidak berbeda dengan bus-bus pada umumnya di kota-kota besar Indonesia.

Ikuti Juga : Viral Video Banser Bakar Bendera Tauhid milik HTI, Ridwan Kamil Bereaksi !

Yang membuatnya menarik, yakni untuk naik bus ini kita bisa membayar dengan sampah plastik. Seperti menukar 10 gelas atau 5 botol plastik untuk satu tiket yang berlaku selama dua jam. Apabila anda memiliki banyak sampah plastik, dapat menukar sekaligus di terminalnya. Ini merupakan salah datu cara di kota terbesar kedua di Indonesia

WAJIB BACA :  Viral, 3 Jasad Sekeluarga di Ciamis Masih Utuh Saat Digali Setelah Bertahun-Tahun Dikubur !
Copyright©tribunnews

Untuk mengejar target ambisus, yakni bebas sampah plastik pada tahun 2020. Diketahui, Surabaya merupakan kota pertama di Indonesia yang menerapkan skema ini. Dimana media internasiona yang ramai memberitakan mengenai kebijakan ini, yakni edisi online majalah berita terbesar di Jerman “der Spiegel”.

“Sampah, seperti botol plastik, menumpuk di lingkungan saya, jadi saya membawanya ke sini sehingga lingkungan tidak hanya bersih, tetapi juga membantu meringankan beban kerja pengumpul sampah,” kata warga Surabaya Linda Rahmawati kepada kantor berita internasional Reuters.

Ikuti Juga : Viral, Ida Ayu Sekolah Sambil Jualan Cilok untuk Bertahan Hidup !

Berdasarkan data kota yang menunjukkan jika 15 persen sampah harian, atau bisa dikatakan hampir 400 ton, merupakan sampah plastik sementara sebuah bus tersebut dapat mengumpulkan sampah sebantak 250 kg botol plastik dalam sehari, atau sekitar 7,5 ton dalam sebulan. Sedangkan perolehan botol dan gelas plastik yang terkumpul selanjutnya dijual ke perusahaan daur ulang.

WAJIB BACA :  Video Viral, Beredar Bocah Nangis Kejer saat Ditilang Polisi !

Uang yang diperoleh dari penjualan sampah plastik tersebut digunakan untuk menjalankan operasi bus dan untuk mendanai ruang hijau kota.

“Indonesia adalah salah satu penyumbang sampah plastik terbesar di dunia, dan melalui inisiatif ini kami berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan, terutama masalah yang berhubungan dengan sampah plastik,” kata Irvan Wahyu Drajad, kepala departemen transportasi Surabaya. .

Ikuti Juga : Viral, Video Gatot Nurmantyo Bahas Ulama Hingga Ngaku Mau Ditangkap !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here