Yusril: Tidak Ada Keputusan yang Sebut HTI Organisasi Terlarang !

0
268
Copyright©viva

Yusril Katakan Tidak Ada Keputusan Hukum HTI Organisasi Terlarang !

Indowarta.com – Kuasa Hukum Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), Yusril Ihza Mahendra yang menegaskan masih belum ada mengenai keputusan pengadilan yang mengatakan jika organisasi HTI merupakan organisasi terlarang di Indonesia. dimana Menteru Hukum dan Perundang-undangan era Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid

Lihat Juga : Viral Video Banser Bakar Bendera Tauhid milik HTI, Ridwan Kamil Bereaksi !

(Gus Dur) saat itu telah menekan status badan hukum HTI yang memang sudah dicabut dan dinyatakan bubar oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenhukham) di rezim Joko Widodo pada bulan Juli 2018. Tetapi HTI yang diketahui melakukan perlawanan hukum ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta.

WAJIB BACA :  Perppu Ormas: Setelah HTI, 2 Sampai 3 Ormas Ini Juga Terindikasi Anti Pancasila?
HTI
Copyright ©surabayapagi

Dimana HTI yang kalah dipengadilan tingkat pertama dan kmengajukan banding, HTI mengajukan kasasi atas perkara itu ke Mahkamah Agung (MA).

Dengan demikian sampai hari ini perkara gugatan HTI melawan Menkumham RI masih berlanjut dan belum ada putusan yang mempunyai kekuatan hukum tetap atau inkracht van gewijsde,” kata Yusril lewat keterangan tertulis, Minggu (29/10).

“Tidak ada pernyataan atau keputusan yang mengatakan HTI adalah organisasi terlarang,” lanjutnya.

Dengan dasar itu, Menteri Sekretaris Negara era Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang meminya kepada semua pihak untuk menghormati proses hukum yang kini sedang berlangsung. Yusril yang lantas menegaskan hingga kini organisasi yang dinyatakan terlarang di negara ini hanya Partai Komunis Indonesia (PKI) dan underbow-nya.

WAJIB BACA :  Sudah Benarkah Langkah Pemerintah Indonesia Membubarkan HTI?

Lihat Juga : Merasa Omongannya Dipelintir oleh Ustaz Bachtiar Nasir, Kapolri Reaksi !

Terlebih, tambah Yusril Partai Masyumi yang kala itu juga dipaksa untuk membubarkan diri oleh Presiden ke-1 RI Soekarno pada tahun 1960, yang tidak pernah dinyatakan sebagai partai atau organisasi terlarang. Disini Yusril yang menrengkan jika di Indonesia, nyatanya ada organisasi masyarakat (ormas) yang berbadan hukum dan ada yang tidak.

HTI merupakan ormas berbadan hukum perkumpulan atau vereneging yang telah terdaftar di Kemenkumham. “Status badan hukumnya itulah yang dicabut,” ujarnya.

Oleh sebab itu, Yusril yang mengatakan seluruh kegiatan yang dilakukan mantan pengurus serta organisasi HTI untuk berdakwah, baik perorangan ataupun kelompok, tanpa menggunakan organisasi HTI berbadan hukum yang bakal menjadi sah dan legal.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Pemerintah Klaim Punya Bukti Kuat Untuk Bubarkan HTI!

“Tidak ada yang dapat melarang kegiatan (anggota HTI) seperti itu,” kata Yusril.

Lihat Juga : Gugatan Ditolak, PTUN Bubarkan HTI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here