Ini Fakta Kotak Hitam, Benda Paling Dicari dalam Kecelakaan Pesawat !

0
1893
Copyright©liputan6

Benda Paling Dicari dalam Kecelakaan Pesawat, Kotak Hitam !

Indowarta.com – Salah satu benda yang paling dicari setiap kecelakaan pesawat seperti Lion Air JT 610 yakni kotak hitam atua black box. Dimana kotak hitam jika ditemukan dapat menjadi kunci guna mengetahui penyebab kecelakaan sebuah pesawat. Namun ada sejumlah fakta menarik mengenai kotak hitam pesawat yang mungkin belum anda tahu.

Lanjut Baca : Curhatan Pramugari Lion Air JT610, Vita: Beratnya Memakai Seragam Ini !

Seperti yang dilansir oleh abc.net pada Rabu (31/10/2018), inilah fakta mengenai kotak hitam itu.

1 Tidak berwarna hitam

Copyright©tribunnews

Bernama kotak hitam, namun warnanya tidak hitam. Benda ini yang mempunyai warna seperti jembatan Golden Gate di San Fransisco, AS. warna ini yang dikenal dengan “international orange” sebagai satu set dari tiga warna yang digunakan dalam kedirgantaraan dan teknik. Dikatakan dalam kotak hitam yang memiliki warna jauh lebih terang.

WAJIB BACA :  Ada Bingkisan Khusus bagi Dua Prajurit Taifib Penemu Kotak Hitam !

2 Terdiri dari dua bagian

Kotak hitam yang memiliki dua bagian terpisah, yakni perekam data penerbangan (flight data recorder/FDR) dan perekam suara kokpit (Cockpit Voice Recorder/CVR). Kotak hitam wajib dalam pernerbangan atau perusahaan. Sementara letak kotak hitam ini berada di ekor pesawat terbang, sebab dianggap lebih aman dari risiko kecelakaan.

Lanjut Baca : 5 Temuan Mengejutkan Basarnas pada Hari ke-3 Jatuhnya Lion Air !

3 Diciptakan oleh orang Australia

Saat sembilan tahun ayah David Warren tewas dalam sebuah kecelakaan pesawat di 1934. Hal tersebut yang membuat ide mengenai benda yang mampu merekam data penerbangan dan percakapan kokpit. Gunanya untuk mengumpulkan data kejadian penyebab kecelakaan.

WAJIB BACA :  Apa yang Terjadi Jika CVR Lion Air Tidak Ditemukan? Ini Kata KNKT

Pada 1956, dia lantas membuat sebuah prototipe perekam penerbangan yang disebut dengan AR: Flight Memory Unit. Penemuan ini tak banyak dapat perhatian sampai lima tahun setelahnya. Namun beberapa unit akhirnya diproduksi di Inggris dan juga Amerika Serikat. Tetapi, Australia yang merupakan negara pertama yang wajib menggunakannya.

4 Ahli tidak menyebutnya

Istilah kotak hitam yang disukai oleh media. Tetapi, sejumlah ahli yang tak menyebutnya begitu. Ada sejumlah teori yang mengatakan asal istilah itu. yakni mulai dari desain awalnya yang memang gelap, sementara seorang jurnalis yang menyebut mengenai “kotak hitam menakjubkan”.

Lanjut Baca : Petugas Mengaku Kesulitan Angkat BlackBox Milik Lion Air di Kedalaman 32 Meter !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here