Ada Bingkisan Khusus bagi Dua Prajurit Taifib Penemu Kotak Hitam !

0
560
Copyright©cnnindonesia

Dua Prajurit Taifib Penemu Kotak Hitam, Dapat Hadiah Rahasia !

Indowarta.com – Proses pencaian kotak hitam atau black box pesawat Lion Air JT 610 yang telah membuahkan hasil, setelah usaha keras yang tak kenal lelah dari Batalyon Intai Amfibi (Taifib) Korps Marinir TNI AL. dimana bingkisan rahasia tersebut yang telah menanti kedua prajurit penemu kotak hitam yang berisi rekaman data penerbangan (FDR).

Lihat Juga : Kotak Hitam Lion Air JT 610 Patah, KNKT Duga Kecelakaannya Dahsyat !

Adapun penyelam penemu kotak hitam tersebut adalah Sertu Marinir Hendra Syahputra dan Kopda Marinir Noor Ali. Disini Hendra yang mengaku timnya sempat mengalami kesulitan ketika proses pencairan didasar laur disebabkan derasnya arus dibawah yang terbilnag kuat serta kontur dasar laut yang berlumpur.

WAJIB BACA :  Makin Jelas, Boeing Ketahuan Rahasiakan Fitur Keselamatan di Pesawat 737 Max 8 !
Copyright©cnnindonesia

Berkat kerja keras tim, pencarian dilokasi tersbeut yang akhirnya membuahkan hasil, melalui kamera robot penyelam atau Remotely Operated Vehicle (ROV) yang sebelumnya telah melakukan penyisiran. Selain itu, Hendra yang juga dibekali dengan alat pendeteksi sinyal kotak hitam yang dipinjamkan oleh  Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

“Kami melaksanakan pencarian sekitar radius 50 meter, dalam setengah jam kami menemukan benda yang berada di bawah lumpur,” tutur Hendra di atas Kapal Baruna Jaya.

Hendra bersama dengan temannya, Ali yang melakukan penggalian pada lumpur itu. dan akhirnya mereka menemukan sebuah benda yang telah dibersihkan dari lumpur yang berwarna oranye.

“Dia [kotak hitam] warnanya kan oranye, kita periksa lagi ini black box apa bukan,” ujarnya.

WAJIB BACA :  Kesaksian Mengerikan Pengemudi Ojol Sesaat Sebelum Lion Air Jatuh !

Hendra yang lantas mengambil alat pendeteksi. Setelah menggunakan alat tersebut, yang didekatkan kepada benda yang diduga sebagai kotak hitam itu, barulah dirinya yakin bahwa yang ia temukan adalah kotak hitam atau black box yang ia cari.

Lihat Juga : Tim SAR Temukan Bodi dan Roda Pesawat Lion Air di Sekitar Lokasi Black Box…

“Saya tempelkan lagi alat yang dipinjamkan BPPT, itu dia bunyi makin besar, [bunyi] ‘tet’, saya yakin, saya bawa ke atas,” kata Sertu Hendra.

Disamping menemukan black box, saat penyisiran di bawah laut itu sebetulnya Sertu Hendra yang juga menemukan banyak puing-puing pesawat Lion Air yang berserakan. Tetapi tugas dari Taifib adalah untuk mencari kotak hitam, sehingga puing-puing pesawat tersebut tidak ikut diangkat. Sementara yang bertugas untuk mengangkat puing pesawat adalah penyelam dari Dinas Penyelamatan Bawah Air TNI AL.

WAJIB BACA :  Terjadi Gangguan, Pilot Lion Air JT610 Berjuang Naikkan Pesawat Sebelum Jatuh !

“Karena dibagi tugas, kami sebagai pencari black box, dari Dislambair mengangkat puing-puing,” ucapnya.

Lihat Juga : 5 Temuan Mengejutkan Basarnas pada Hari ke-3 Jatuhnya Lion Air !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here