Perhatikan, Ini Penyebab Berat Badan Bertambah saat Menstruasi !

0
225
Copyright©liputan6

Perempuan Jadi Lebih Gemuk Saat Menstruasi, Ini Alasannya !

Indowarta.com – Bagi sebagian wanita yang merasa mengalami kenaikan berat badan ketika menstruasi. Dimana hal tersebut yang ditandai dengan perut yang terasa lebih gendut dari sebelumnya. Tampaknya, hal tersebut bukan sekedar perasaan anda saja.

“Biasanya berat badan akan bertambah 0,5 sampai 1,3 kilogram,” kata Monica Svets, MD, ahli ginekologi dari Cleveland Clinic seperti dilansir Prevention.

Ikuti Juga : Manfaat Daun Sirih Merah dan Sirih Hijau Untuk Kesehatan, Kecantikan dan Penyakit Akut !

1 Perubahan hormon dapat memicu tubuh menahan air

Saat menjelang haid, tubuh anda kemungkinan bakal terasa kembung atau penuh. Dimana hal tersebut memang benar adanya, dimana faktanya tubuh bakal menahan air selama menstruasi sehingga membuat anda semakin lebih berisi dan menaikkan berat badan.

Copyright©liputan6

“Fluktuasi dalam hormon yang disekresikan oleh kelenjar adrenal yang disebut aldosteron menyebabkan retensi air (penumpukan cairan berlebih dalam tubuh),” kata Dr. Svets.

2 Anda sedang mengalami food craving

Apakah anda sering merasa ingin makan keju, cokelat dan es krim ketika haid ? hal tersebut dikatakan sangat normal. Sebab keinginan tersebut yang menggagalkan diet memang bakal lebih tinggi ketika datang bulan. Namun para peneliti yang masih belum mengetahui kenapa wanita mengalami food craving ketika jelang menstruasi.

Ikuti Juga : Tips Mengatasi Sakit Asam Lambung dengan Dengan Susu Emas Menyegarkan!

3 Anda tidak punya tenaga untuk melakukan olahraga

Seringnya, keinginan untuk mengangkat badan dari kasur dan untuk melakukan olahraga memang sulit dilakukan ketika haid. Hal tersebut tentu ada penjelasannya. Menurut dr Chaudhari, pada awal menstruasi, tingkat horman wanita yang bakal menurun secara drastis. Sehingga hal tersebut yang menjadi pemicu wanita menjadi kekurangan energi untuk berolahraga.

Namun jika dikombinaiskan dengan mengkonsumsi makanan tinggi lemak dan gula, maka efeknya pasti  membuat lingkar pinggang menjadi lebih berisi. Anda akan merasa bobot tubuh sudah berat.

4 Saluran pencernaan sedang tidak berfungsi dengan baik

“Hormon Anda (terutama progesteron) adalah penyebab terjadinya perut kembung dan gas,” ucap dr. Chaudhari. Masa menstruasi juga dapat memicu perubahan pada gerakan usus yang membuat Anda merasa tidak nyaman.

Ikuti Juga : Gejala Rematik dan Tips Pengobatannya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here