Tim SAR Gabungan Kembali Temukan 3 Bagian Pesawat Lion Air JT 610 di Perairan Karawang !

0
138
Copyright©okezone

3 Bagian Pesawat Lion Air JT 610 Telah di Temukan oleh Tim Basarnas !

Indowarta.comTim SAR Gabungan yang kembali menemukan tiga bagian dari pesawat Lion Air JT 610. Dimana ketiganya merupakan peralatan emergency locator transmiter (ELT), flight direction dan roda pesawat. Adapun penemuan tersebut yang berada di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat. Sementara Komandan

Lihat Juga : Bisakah Black Box Tak Lengkap Ungkap Penyebab Kecelakaan Lion Air JT 610 ?

Satuan Kapal Amfibi Koarmada I Kolonel Laut (P) Bambang Trijanto yang mengatakan, penyelam gabungan yang telah berhasil menemukan ELT pada Minggu 4 November 2018, sehingga barang tersebut yang lantas dibawa oleh Kapal LCU Banda Aceh ke darat.

Copyright©okezone

“Ini hasil yang ditemukan kemarin oleh penyelam gabungan yang di bawah koordinator Basarnas. Cuma karena waktunya, jadi baru kita turunkan hari ini. Ini ada emergency locator transmiter (ELT),” ungkap Bambang ketika berada di kawasan JICT 2, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (5/11/2018).

Ia yang melanjutkan, selain ELT tim gabungan juga menemukan flight firection yang digunakan untuk menentukan arah terbang, dan juga roda pesawat.

Itu sudah tertimbun juga dengan pasir dan lumpur di kedalaman 30 meter,” terang Bambang.

Ia melanjutkan, proses evakuasi di dalam air oleh tim penyelam gabungan tersebut pada hari ketujuh yang tak menemukan masalah berarti. Di lain sisi, Tim SAR Gabungan yang mengatahui ada banyak body part atau potongan tubuh korban jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 yang berada di dasar laut. Hal tersebut diketahui dengan hasil rekaman lewat Remotely Operated Vehicle (ROV).

Lihat Juga : Black Box FDR Lion Air JT 610 Selesai Diunduh KNKT, Ini Hasilnya !

ROV merupakan alat canggih yakni berupa kamera bawah laut yang dikendalikan dari jarak jauh yakni dengan menampilkan video.

“Sebelum penyelam turun, kita laksanakan ROV sejauh 250 meter. Di situ kelihatan masih banyak korban yang perlu dievakuasi,” kata Deputi Bidang Operasi dan Kesiapsiagaan Basarnas, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto saat jumpa pers di JICT 2, Tanjung Priok, Jalarta Utara, Minggu (4/11/2018).

Disini, pihaknya yang fokus pada evakuasi di radius 250 meter untuk mencari korban. Usai tim SAR yang masih berupaya mencari Cockpit Voice Recorder (VCR) yang sampai dengan saat ini masih misteri.

Lihat Juga : 13 Menit Menegangkan Sebelum Lion Air JT 610 Jatuh di Perairan Karawang !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here