Dubes Agus Maftuh Beberkan Kronologi Penangkapan Rizieq Shihab di Arab Saudi !

0
160
Copyright©liputan6

Kronologi Penangkapan Rizieq Shihab di Arab Saudi !

Indowarta.com – Duta Besar (Dubes) RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel yang menanggapi kabar mengenai penangkapakn Rizieq Shihab. Dimana ia yang turut membeberkan kronologi atas penangkapan Rizieq Shihab di Tanah Suci. Dia menyatakan, saat landing di Riyadh, pada 5 November 23.30 Waktu Arab Saudi (WAS),

Ikuti Juga : Dikatakan Rizieq Shihab sebagai Amunisi Prabowo dan Politik Identitas ?

handphone miliknya diketahui tengah berdering dan menginformasikan MRS (Muhammad Rizieq Shihab) yang ditangkap oleh pihak kepolisian di Makkah. Dia yang lantas menghubungi kolega-koleganya yang berada di Saudi guna memastikan akan kabar mengenai penangkapakn itu. selain itu, Agus yang mengatakan telah

Copyright©okezone

berdiskusi dengan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi untuk memastikan mengenai kebenaran kabar itu. tak hanya itu, dia juga mendorong serta memerintahkan kepada KBRI untuk pendampingan dan pengayoman kepada MRS dalam menghadapi kasusnya itu.

“Pada 6 November 2018, kita langsung memerintahkan DIPPASSUS (Diplomat Pasukan Khusus) yang merupakan gugus tugas reaksi cepat untuk berangkat ke Makkah dan memastikan kabar yang beredar tersebut,” ucapnya Agus Maftuh melalui pesan tertulis Selasa (7/11/2018).

Hasil penelusuran, lebih lanjut Dubes Agus yang diberitakan jika pada 5 November 2018 sekitar pada pukul 08.00 WAS, tempat tinggal MRS yang telah didatangi oleh aparat keamanan sebab dinding kediamannya terdapat pemasangan bendera hitam. Adapun bendera hitam tersebut, yang mengacu kepada ciri-ciri gerakan ekstrimis

Dibagian belakang rumah MRS. Sementara itu, dirinya juga sempat diperiksa dengan singkat oleh kepolisian Makkah.

Ikuti Juga : Arab Saudi Cekal Rizieq Shihab ke Malaysia, Polri Katakan Tidak Bisa Intervensi !

5 November 2018 pukul 16.00 WAS, MRS dijemput oleh kepolisian dan Mabahis Ammah (intelijen umum, General Investigation Directorate GID) lalu dibawa ke kantor polisi. Selanjutnya, untuk proses penyelidikan dan penyidikan Muhammad Rizieq Shihab ditahan kepolisian wilayah Makkah,” papar Dubes Agus.

Dia menerangkan, Arab Saudi yang diketahui sangat melarang keras segela bentuk jargon, atribut, label serta lambang apa pun yang berbau terorisme seperti Al Qaedah, ISIS, Al Jamaah Al Islamiyah serta segala kegiatan yang berbau dengan terorisme dan ekstrimisme.

“Pemantauan dalam medsos juga dipantau oleh pihak keamanan Arab Saudi dan pelanggaran IT adalah merupakan pidana berat jika bersentuhan dengan aroma terorisme,” kata Dubes Agus.

Ikuti Juga : Novel Bamukmin Sebut Iwan Bule Jadi Biang Kerok Kasus Habib Rizieq Shihab

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here