Menlu RI Bantah Beri Jaminan Pembebasan Habib Rizieq Shihab di Arab Saudi !

0
595
Copyright©liputan6

KBRI Bantah Beri Jaminan Kepada Habib Rizieq Shihab di Arab Saudi !

Indowarta.com – Kementerian Luar Negeri yang membantah terkait laporan yang mengatakan jika Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Arab Saudi sudah memberikan jaminan guna membebaskan Pimpinan FPI, Muhammad Rizieq Shihab dari pemeriksaan pihak aparat kemananan Arab Saudi.

Lanjut Baca : FPI Sebut Ada Pihak yang Sengaja Menjebak Rizieq Shihab di Arab Saudi !

Dimana Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI-BHI) Lalu Muhammad Iqbal yang mengatakan jika pembebasan WNI tersebut yang diketahiu terkena kasus hukum bukanlah bagian dari tugas yang diwakilkan RI di luar negeri.

Copyright©okezone

“Tugas Perwakilan RI bukan membebaskan seseorang, apalagi memberikan jaminan. Setiap orang harus bertanggungjawab sendiri atas tindakannya. Tugas Perwakilan adalah memberikan pendampingan kekonsuleran, untuk memastikan hak-hak hukumnya terpenuhi. Itulah yang dilakukan oleh KJRI Jeddah dalam kasus ini,” kata Iqbal kepada media, Kamis (8/11/2018).

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Polisi Tak Tahan Firza Husein Karena Alasan Kesehatan!

Dimana pernyataan tersebut diutarkan guna memberikkan tanggapan mengenai laporan yang mwngatakan bahwa Habib Rizieq dibebaskan dari tahanan pihak berwenang Arab Saudi sebab adanya jaminan dari Kedutaan Besar RI di Riyadh.

Lanjut Baca : Dubes Agus Maftuh Beberkan Kronologi Penangkapan Rizieq Shihab di Arab Saudi !

Seperti dalam laporan sebelunya, dimana pada 5 November, Rizieq Shihab yang telah menjalani proses pemeriksaan oleh otoritas Arab Saudi yang diketahui mendapat laporan jika dirinya diduga teah memasang bendera ISIS di kediamannya. Sementara keterangan dari Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel

Yang menjelaskan jika Rizieq sudah dibebaskan yakni dengan jaminan pada 6 November malam. Dimana penjelasan dari Dubes Agus Maftuh yang tidak mengatakan siapa yang telah memberikan jaminan tersebut ia hanya menerangkan jika proses pembebasan Habib Rizieq telah dilakukan dengan pendampingan tim dari KJRI Jeddah.

Dalam konteks ini, pemerintah akan selalu hadir untuk WNI baik di dalam dan di luar negeri dan apabila WNI terkena masalah hukum, perwakilan akan memberikan pendampingan dan kekonsuleran sesuai dengan hukum yang berlaku untuk memastikan hak-hak hukum WNI terlindungi.”

Lanjut Baca : Di Hadapan Para Ulama, Prabowo Janji Jemput Rizieq Shihab Jika Terpilih Jadi Presiden !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here