Sejarah Hari Ayah Nasional, Berawal dari Peringatan Hari Ibu !

0
336
Copyright©tribunnews

Menilik Sejarah Hari Ayah yang Diprakarsai oleh Para Ibu !

Indowarta.com – Selain Hari Ibu yang diketahui telah diperingati setiap 22 Desember, dimana sosok sang ayah rupanya juga mendapat penghargaan yang serupa yakni melalui sebuah peringatan. Sementara di Indonesia, Hari Ayah yang diperingati pada 12 November. Tetapi Hari Ayah sebenarnya bisa dirayakan pada waktu yang berbeda-beda di setiap negara.

Lihat Juga : Selamat Hari Pelanggan Nasional ! Ini Pencetus dan Sejarahnya !

Misalnya di Amerika Serikat, budaya merayakan Hari Ayah yang telah diperingati sejak Juni 1910 di negara bagian Washington. Sedangkan di sejumlah negara Eropa dan Amerika Latin, para ayah yang diketahui mendapat penghargaan pada setiap 19 Maret (St Joseph’s Day). Sementara di Indonesia sendiri, Hari Ayah yang lahir atas prakarsa paguyuban Satu Hati,

WAJIB BACA :  Tak Hanya di Indonesia, Perayaan Hari Ibu Juga Dilakukan di Negara Lain Lho!
Copyright©kompas

Lintas agama dan budaya yang bernama Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP). Seperti yang dikutip dari situs Kemendikbud.go.id, pada 2014 yang menggelar peringatan Hari Ibu di Solo yakni dengan cara menggelar Sayembara Menulis Surat untuk Ibu. Dalam acara itu, terdapat 70 surat terbaik yang dibukukan dan dibacakan oleh peserta yang diikuti mulai dari anak-anak SD, SMP, SMA, Mahasiswa hingga kalangan umum.

Dikatakan, posisi ayah yang dinilai sejajar dengan ibu dan selalu punya cara tersendiri untuk menjalankan perannya sebagai kepala rumah tangga, pelindung, pemberi nafkah dan masih banyak lagi peran lainnya didalam keluarga. PPIP yang berupaya keras untuk mencari informasi mengenai hari ayah, sampai audiensi ke pada DPRDkota Surakarta untuk menanyakan kapan hari ayah di Indonesia.

WAJIB BACA :  Menelisik Sejarah Kelam di Balik Peringatan Hari Ibu!

Peringatan Hari Ayah di Indonesia pertama kali dideklarasikan di Solo, pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Berikut ini kumpulan ucapan selamat Hari Ayah, seperti yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Lihat Juga : Mengenal Taman Nasional Bunaken, Tema Google Doodle Hari ini

1) “Terima kasih Ayah, atas pengorbananmu, ilmu serta kasih sayang yang telah engkau berikan selama ini kepadaku.

2) “Ayah, engkaulah sosok paling hebat dan terkuat di samping Ibu.”

3) ” Aku hanya bisa mendoakanmu dan maafkan anakmu ini belum dapat membahagianmu dan membuatmu bangga.”

4) “Ayah, jauh dirimu selalu membuat hatiku tak menentu. Saat bersamamu memang tak pernah bisa digantikan dengan apapun. Aku rindu.”

5) “Terima kasih Ayah, kau tetap gagah melawan ombak. Kegigihan dan perjuanganmu demi kebahagiaan keluargamu. Walau terkadang kau harus tersungkur, tapi kau tetap berusaha berdiri kembali demi anak dan istrimu.”

6) “Ayah, yang tak banyak bicara terkesan tidak perduli, tetapi sesungguhnya yang ada dalam hatinya hanyalah kita.”

Lihat Juga : Sambut Hari Anak Nasional, BKKBN Ajak Masyarakat Stop Pernikahan Dini !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here