Siap-siap, Tes SKB CPNS Dimulai Tanggal 1-4 Desember Nanti !

0
373
Copyright©cnnindonesia

BKN: Tes SKB CPNS Bakal Digelar Tanggal 1-4 Desember Nanti !

Indowarta.com – Kepala Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Bima Haria Wibisana yang telah memastikan mengenai tes seleksi kompetensi bidang (SKB) CPNS 2018 yang dapat dimulai pada 1sampai dengan 4 Desember. Disini Bima yang menargetkan jika proses penerimaan CPNS 2018 yang dapat selesai pada tahun ini.

Lihat Juga : Siap-siap, Sejumlah Daerah Segera Gelar Tes CPNS Hari Ini !

“Untuk yang menggunakan fasilitas BKN tanggal 4 (Desember) sudah bisa tes, sementara untuk yang pakai fasilitas UNBK tanggal 1 atau 2 sudah bisa tes” ujar Kepala BKN Bima Haria Wibisana dalam jumpa pers di kantornya, Kamis (22/11).

WAJIB BACA :  Formasi CPNS 2018 Akan Segera Diputuskan!
Formasi CPNS 2018
Copyright ©rayatku

Sementara tes SKB yang bakal mengusung sistem computer assisted test (CAT). Dimana kedepannya, tambah dia, para peserta yang tengah mengikuti ujian di BKN bakal menggunakan CAT punya badan itu. disisi lain para peserta di penjuru daerah juga bakal melakukan tes di sekolah-sekolah di wilayah mereka yang turut mengadakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Tes SKB yang awalnya diagendakan bakal digelar pada 22-27 November 2018.tetapi disebabkan dengan adanya salah satu hal lain, maka pemerintah yang memundurkan penyelenggaraannya.

“Target utama proses ini selesai tahun ini karena ada anggaran yang dipertanggungjawabkan jadi harus selesai pada Desember,” ujar Bima.

Berkenaan dengan soal yang bakal diujinan nanti dalam tes SKB, maka Bima yang lantas mengatakan tidak akan ada perubahan yang menonjol dari tes tahun lalu. Dimana nilai ambang batas dalam tes ini diketahui juga tidak ada yang berubah sama sekali, dikatakan hal tersebut serupa dengan yang berlaku pada tahun sebelumnya.

WAJIB BACA :  BKN Pastikan Seluruh Sistem Seleksi CPNS  Siap Digunakan!

Lihat Juga : Pendaftaran CPNS 2018 Sudah Dibuka, Registrasi Sekarang Juga di sscn.bkn.go.id !

Namun ada perbedaan tes pada tahun ini yakni terkait soal pembagian peserta. Dimana pemerintah yang menurut ketentuan Permenpan Nomor 61 Tahun 2018 bakal membagikannya kepada peserta ke dalam dua kelompok. Untuk yang pertama, mereka yang dinyatakan lulus pasisng grade seleksi kompetensi dasar (SKD).

Dan ketentuan yang kedua, para peserta yang tidak lulus passing grade SKD tetapi dinyatakan tetap dapat mengikuti tes SKB hal tersebut dilakukan dengan adanya  pemberlakuan sistem ranking (peringkat) yang baru diterapkan. Dimana sistem rangking itu sebagai strategi pemerintah untuk mengatasi adanya

Kebutuhan PNS yang menyusul sebab minimnya para peserta tes CPNS yang telah dinyatalan berhasil melewati tahap SKD.

Lihat Juga : Cara Mendaftar CPNS 2018, Siapkan Berkas-berkas Ini Lalu Daftar Klik sscn.bkn.go.id !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here