Berdasarkan Kotak Hitam, KNKT Ungkapkan Kronologi Lion Air JT610 Alami Stall !

0
406
Copyright©viva

Dari Hasil Keterangan Kotak Hitam, KNKT Beberkan Kronologi Jatuhnya Lion Air JT610 !

Indowarta.com – Komite Nasional Keselamatan Transportasi atau  KNKT telah berhasil emnguak informasi dari kotak hitam atau black box pesawat Lion Air PK-LQP dengan nomor penerbangan JT 610, di Komisi V DPR, Jakarta, Kamis, 22 November 2018.

Lihat Juga : AC Lion Air Medan-Jakarta Mati Sebelum Terbang, Penumpang Protes !

Dimana Kepala Subkomite Penerbangan KNKT Nurcahyo Utomo yang mengutarakan, berdasarkan data black box yang menunjukkan keterangan bahwa pesawat mengalami stall atau kehilangan daya angkat sehingga otomatis jatuh.

Copyright©liputan6

“Ada garis merah di sini yang menunjukkan pesawat mengalami stall atau stick shaker. Jadi itu adalah kemudinya di sisi kapten mulai bergetar. Ini adalah indikasi yang menunjukkan pesawat bahwa akan alami stall atau kehilangan daya angkat,” kata Nurcahyo.

WAJIB BACA :  Lagi, Terdapat 89 Korban Lion Air yang Jatuh di Karawang Berhasil Teridentifikasi !

Diketahui jika pesawat tersebut yang dikatakan adanya Maneuvering Characteristics Augmentation System (MCAS). Dimana fitur ini merupakan sebuah sistem yang dapat mencegah hidung pesawat untuk naik atau angle of attack terlalu tinggi sehingga dapat mencegah pesawat terjadinya stall.

Tetapi, dari hasil keterangan yang diperoleh dari black box, ketika angle of attack terlalu tinggi sehingga memicu MCAS untuk bekerja secara otomatis untuk menurunkan hidung pesawat, dimana keadaan ini yang diduga dilawan oleh pilot yakni dengan cara menaikkan hidung pesawat kembali.

“Jadi setelah trim down, dilawan pilotnya trim up, terus sampai dengan akhir penerbangan,” ujar Soerjanto. Dia menambahkan, “Dan beban kemudi jadi berat kemudian pesawat turun (jatuh).”

Berdasarkan data mesin yang didapat, antara mesin kiri dan mesin kanan, hampir semua penunjuk mesin menunjukkan angka yang sama. Sehingga, KNKT yang telah menyimpulkan jika mesin tidak menjadi masalah dalam penerbangan ini. Sementara pada penerbangan sebelumnya dengan rute Denpasar-Jakarta sebelumnya,

WAJIB BACA :  Lion Air Segera Klarifikasi ke KNKT soal JT 610 Disebut Tak Laik Terbang !

Lihat Juga : Lagi, Terdapat 89 Korban Lion Air yang Jatuh di Karawang Berhasil Teridentifikasi !

pesawat ini juga diketahui juga mengalami kondisi yang serupa dengan penerbangan Jakarta-Pangkalpinang yang jatuh itu. disini Soerjanto yang mengutarakan, pada saat penerbangan Denpasar-Jakarta, MCAS juga menunjukkan jika pesawat mulai turun saat terjadi stall dan kemudian dilawan oleh pilotnya.

Tetapi, MCAS yang tercatat berhenti secara otomatis sehingga tidak sampai dengan akhir penerbangan. “Jadi ada sesuatu yang dilakukan pilotnya untuk menghentikan MCAS,” ujarnya.

Menurut pandangan Soerjanto, jika melihat kecelakaan ini, pihak Boeing lantas merilis buletin yang ditujukan ke seluruh operator penerbangan. Yakni dengan memberikan keternagan jika pesawat mengalami kondisi seperti itu, maka Boeing yang merekomendasikan untuk melakukan apa yang dilakukan pilot penerbangan Denpasar-Jakarta itu.

Lihat Juga : Komponen Lion Air JT 610 Ditemukan, Bakal Dibawa ke Pabrik Boeing di AS !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here