Sambut Hari Guru Nasional, Tokoh Pahlawan Indonesia ini Ternyata Seorang Pengajar

0
616
Copyright©tribun style

Peringati Hari Guru Nasional, Tokoh Pahlawan Indonesia ini Ternyata Seorang Pengajar

Indowarta.com – Masyarakat Indonesia tepatnya pada hari Minggu (25/11/2018) besok akan memperingati Hari Guru Nasional di tahun ini. Momen tersebut memang menjadi momen untuk menghargai jasa para guru yang ikut serta dalam mencerdaskan anak bangsa. Namun berbicara mengenai Hari Guru sendiri, ternyata ada Tokoh Pahlawan Indonesia yang snagat populer dimana ternyata beliau adalah seorang pengajar, siapa?

Perlu diketahui bahwa penetapan Hari Guru Nasional yang jatuh pada 25 November sendiri dilakukan dengan berdasarkan paada Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994. Para gutu memang memiliki peranan yang sagat besar untuk mencerdaskan anak bangsa terutama dalam Kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga Deretan Ucapan Selamat Hari Guru Nasional 2018!

Dari para guru yang berjasa itulah para rakyat dapat membuka mata untuk berjuang bebas dari para penjajah. Nah, dari para guru di masa lampau tersebut, nyatanya ada beberapa guru yang kemudian didaulat sebagai pahlwan nasional bangsa dimana di Hari Guru Nasional tahun ini tentunya jasanya perlu untuk dihargai dan dikenang. Lantas siapa sajakah mereka?

Untuk memperingati Hari Guru Nasional tahun ini, berikut ini adalah daftar para pahlawan Indonesia yang ternyata adalah seorang guru. Yang pertama adalah Ki Hajar Dewantara dimana tokoh satu ini tentunya tidak asing lagi. Beliau juga disebut Bapak Pendidikan Nasional dimana telah mendirikan organisasi politik Indische Partij. Selain itu, pria dengan nama asli Suwardi Suryaningrat ini juga pendiri sekolah Taman Siswa sekaligus penulis buku.

Ki Hajar Dewantara
Copyright©Tribun

Bukan hanya itu saja, Ki Hajar Dewantara ini juga cukup populer dengan semboyan di dunia pendidikan yakni “ing ngarsa sung tuladha, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani” yang berarti “didepan memberi contoh, ditengah memberi semangat, dibelakang memberi dorongan”.

Pahwalan Nasional sekaligus pengajar untuk memperingati Hari Guru Nasional selanjutnya adalah Kartini. Pahlawan yang dikenal dengan nama Raden Ajeng Kartini ini adalah sosok perempuan yang berhasil memperjuangkan hak para perempuan Indonesia untuk mendapatkan pendidikan layak seperti halnya kaum lelaki. Selain menjadi guru, Kartini juga mendirikan sekolah wanita di ssebelah timur gerbang kompleks kantor kabupaten Rembang yang kini digunakan sebagai Gedung Pramuka.

Baca Juga Ini Penjelasan BMKG soal Hujan Es di Sejumlah Wilayah Jakarta Sore Tadi !

Selanjutnya ada nama Dewi Sartika yang menjadi pahlawan emansipasi wanita. Kecintaannya untuk mengahjar bahkan ia rasakan sejak kecil. Sembari bermain dengan temannya ia juga mengajari temannya untuk baca tulis dan berbahasa Belanda. Kemudian ia berhasil mendirikan Sakola Istri (sekolah perempuan) yang menginspirasi berdirinya banyak sekolah di Tanah Pasundan.

Nama pahlawan sekaligus pengajar selanjutnya untuk peringati Hari Guru Nasional adalah HOS Tjokroaminoto yang merupakan ulama pendiri Sarekat Islan (SI). Ada pula nama K.H. Ahmad Dahlan, K.H. Hasyim Asy’ari hingga Jenderal Soedirman.

Baca Juga Jelang Kampanye Pilpres 2019, Waspada Uang Palsu Beredar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here