Lantaran Ketiduran, Pilot Ini Terlewat  Bandara Sejauh 46 Kilometer !

0
302
pesawat vortex air
Copyright©kompas

Pilot Tertidur, Bandara Tujuan Terlewati hingga 46 Kilometer !

Indowarta.com – Berita dari Biro Keselamatan Transportasi Australia (ATSB) yang telah melakukan penyelidikan terkait kasus pesawat kargo yang diketahui melewati bandara tujuan sejauh 46 kilometer Disebabkan pilot tertidur. Dimana pesawat kargo milik Vortex Air terbang dari Kota Devonport di Tasmania menuju King Island yang diketahui terjadi pada 8 November lalu.

Lanjut Baca : Viral, Perempuan Terobos Apron Bandara Akibat Ketinggalan Pesawat !

“Selama penerbangan, pilot sempat tertidur, sehingga pesawat tersebut melewati King Island sejauh 46 kilometer,” kata ATSB.

Diketahui bahwa pilot pesawat jenis Piper PA-31 disinyalir sebagai satu-satunya orang di dalam pesawat. Dimana saat pesawat melewati bandara tujuan sekitar Pukul 07.15 pagi sementara tidak ada seorangpun yang mengingatkan dia. Sementara bagian konsultan penerbangan dari Strategic Aviation Solutions Neil Hansford yang menerangkan,

WAJIB BACA :  Begini Kronologi Pesawat Garuda dan Sriwijaya Air yang Nyaris Tabrakan!
pilot-tidur
Copyright©tribunnews

Diperkirakan saat kejadian tersebut pesawat tengah menggunakan fasilitas autopilot. Dalam kondisi ini, ucapnya, apabila pilot tertidur sehingga pesawat itu bakal terus terbang hingga kehabisan bahan bakar.

“Dalam beberapa kasus tangki bahan bakar harus dialihkan, jadi begitu mengalami kekurangan bahan bakar pesawatnya akan jatuh,” jelas Hansford.

Diperkirakan jika pesawat ini membawa persediaan bahan bakar untuk kembali ke Devonport atau ke tempat lainnya.

“Artinya pesawat itu kemungkinan bisa sampai ke pesisir negara bagian Victoria jika pilotnya tidak terbangun,” tambahnya.

Sedangkan ATSB yang tak mau menjelaskan, bagaimana insiden ini terungkap. Lembaga tersebut juga tidak menjelaskan bagaimana pilot tersebut kemudian terbangun. Disini ABC yang memperoleh kabar jika penerbangan dari Devonport ke King Island dapat dihubungi oleh pengendali lalu lintas udara di Melbourne atau Devonport.

WAJIB BACA :  Viral Foto Bayi Selamat Diduga Penumpang Lion Air JT610, Ini Penjelasan Kepala Basarnas!

Lanjut Baca : Makin Jelas, Boeing Ketahuan Rahasiakan Fitur Keselamatan di Pesawat 737 Max 8 !

Hal tersebut disinyalir tergantung apakah pesawat tersebut terbang secara manual mengganti frekuensi. Tetapi pastinya jelas tidak ada pengendali lalu lintas udara di King Island. Melalui penuturan Hansford, tak wajar jika seorang pilot tertidur dalam penerbangan yang relatif singkat dalam jarak sekitar 240 kilometer seperti itu.

“Aturan mengenai pilot mengantuk di Australia sangat ketat,” katanya.

“Seharusnya sama sekali tak boleh ada orang yang mengantuk dalam penerbangan tersebut,” tambah Hansford.

Lanjut Baca : Dokumen Boeing Beri Petunjuk Kerusakan Pesawat Lion Airr JT 610 !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here