Maria Walanda Maramis, Pahlawan Nasional yang Jadi Google Doodle Hari Ini !

0
258
Copyright©tribunnews

Google Doodle Maria Walanda Maramis, Ini Jasa dan Kehebatan Beliau yang Patut Dikenang !

Indowarta.com – Google Doodle pada hari ini menampilkan sosok Maria Walanda Maramis pada Sabtu (1/12/2018). Lantas siapa sosok Maria Walanda Maramis yang muncul di Google Doodle ?

Dikutip dari Wikipedia.org, Maria Walanda Maramis merupakan sosok Pahlawan Nasional kita. Dimana Maria Walanda  Maramis yang bernama lahir Maria Josephine Cahterine Mramis yang lahir di Kema, Sulawesi Utara, 1 Desember 1872. Diketahui beliau menghembuskan nafas terakhir di Maumbi, Sulawesi Utara, 22 April pada usia 51 tahun.

Lihat Juga : Mengenal Taman Nasional Bunaken, Tema Google Doodle Hari ini

Adapun beliau jadi Pahlawan Nasional sebab usahanya saat mengembangkan keadaan wanita di Indonesia pada permulaan abad ke-20. Sehingga setiap tanggal 1 Desember, masyarakat Minahasa yang memperingati Hari Ibu Mria Walanda Maramis yang dinilai merupakan sosok pendobrak adat, juga dikenal dengan pejuang kemajuan

WAJIB BACA :  Guilermo Haro, Sosok Astronom yang Nongol di Google Doodle Hari Ini!
Copyright©1001indonesia

Serta emansipasi perempuan di dunia politik dan pendidikan. Terlebih menurut Nicholas Graafland yang melalui sebuah penerbitan “Nedherlandsche Zendeling Genootshcap” tahun 1981, Maria Walanda Maramis yang dijadikan sebagai salah satu perempuan teladan Minahasa yang mempunyai

“bakat istimewa untuk menangkap mengenai apapun juga dan untuk memperkembangkan daya pikirnya, bersifat mudah menampung pengetahuan sehingga lebih sering maju daripada kaum lelaki”.

Lihat Juga : Mengenal Sosok Maya Angelou, Penyair yang Nongol di Google Doodle Hari Ini!

Demi mengenang jasanya, tak lupa dibangun Patung Maria Walanda Maramis yang berada di Kelurahan Komo Luar, Kecamatan Wenang, dengan angkutan darat berjarak sekitar 15 menit dari pusat Kota Manado. Lantas, pengunjung yang juga mengenal sejarah perjuangan seorang wanita yang diketahui berasl dari Bumi Nyiur Melambai tersebut.

WAJIB BACA :  Fridtjof Nansen, Penjelajah Sekaligus Ilmuwan yang Nongol di Laman Google Doodle Hari Ini!

Maria Walanda Maramis terlahir sebagai anak bungsu dari tiga bersaudara, adapun kakak perempuannya yang bernama Antjie dan Kakak laki-laki bernama Andries. Dimana Andries Maramis sebagai ayah dari Alexander Andries Maramis yang diketahui tengah terlibat peperangan saat memperjuangkan kemerdekaan Indonesia

Hingga menjadi menteri dan duta besar dalam pemerintahan Indonesia sebelumnya. Saat berumur enam tahun, Maria Walanda Maramis jadi anak yatim piatu, sebab kedua orang tuanya jatuh sakit dan meninggal setelahnya. Sementara paman Rotinsulu yang mengasuh dan membesarkan mereka.

Lihat Juga : Katsuko Saruhashi, Wanita yang Hadir di Google Doodle Hari Ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here