Kisah Pekerja Trans Papua Mengaku Pura-pura Mati Demi Lolos dari Pembunuhan !

0
942
Copyright©cnnindonesia

Kesaksian Pekerja Trans Papua yang Lolos dari Pembunuhan !

Indowarta.com – Adapun Kepala Penerangan Kodam XVII/Cendrawasih Kolonel Infanteri Muhammad Aidi yang mengungkapkan kesaksian dari salah satu korban berinisial JA yang berhasil lolos dari pembunuhan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Nduga, Papua pada Minggu (2/12) lalu.

Dimana, JA yang sebagai salah satu dari puluhan pekerja dari PT Istaka Karya yang bertugas untuk melaksanakan pembangunan jembatan Trans Papua di Kali Yigi-Kali Aurak, Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Papua.

Ikuti Juga : Catatan Kriminal Egianus Kogoya, Pemimpin KKB yang Tembak 31 Pekerja di Papua !

Berdasarkan kesaksiannya, JA  yang mengungkapkan pada Sabtu, tanggal 1 Desember 2018 lalu, para pekerja PT Istaka Karya yang bertugas membangun proyek jembatan Trans Papua yang diketahui memutuskan untuk tidak bekerja.

Copyright©okezone

Lantaran, pada hari itu yang bertepatan dengan peringatan kemerdekaan Organisasi Papua Merdeka di Papua yang diadakan upacara bakar batu bersama dengan masyarakat sekitar. Kemudian, Secara tiba-tiba, pada pukul 15.00 WIB pada hari itu juga pihak KKB yang mendatangi camp pekerja PT Istaka Karya dan kemudian memaksa 25 karyawan untuk digiring keluar dari tempat itu.

JA sendiri tak dapat menjelaskan mengenai motif apa pihak KKB datang ke camp pekerja PT Istaka Karya kala itu.

“Lalu selanjutnya mereka digiring menuju kali Karunggame dalam kondisi tangan terikat dikawal sekitar 50 orang KKSB bersenjata campuran standar militer,” ucap Aidi yang mengisahkan cerita JA dalam keterangan tertulis, Rabu (5/12). Sementara pada keesokan harinya atau pada Minggu (2/12) pagi, kata Aidi, semua pekerja yang diketahui disandera oleh KKB disuruh berjalan dalam keadaan tangan terikat menuju bukit Tabo.

Namun, di tengah perjalanan para pekerja dipaksa untuk baris dengan formasi 5 saf dalam keadaan jalan berjongkok. Kemudian, para KKB yang lantas memberondong pekerja dengan tembakan membabi buta dari arah belakang.

Ikuti Juga : 31 Pekerja Pembangunan Jembatan di Papua Dibunuh oleh Kelompok Bersenjata !

“Para KKSB dalam suasana kegirangan menari-nari sambil meneriakkan sura hutan khas pedalaman Papua, mereka secara sadis menembaki para pekerja,” tutur Aidi.

Kemudian, JA yang menceritakan jika sebagian besar rekannya tertembak mati di lokasi serta yang lainnya pura-pura mati terkapar di tanah. Usai insiden tersebut, JA yang menceritakan jika pihak KKSB berkelompok untuk meninggalkan para korban kemudian berjalan menuju bukit Puncak Kabo.

Terdapat 11 orang pekerja yang diketahui pura-pura mati emudian bangkit kembali dan melarikan diri. namun, 5 orang pekerja yang pura-pura mati tersebut kembali tertangkap kemudian digorok hingga meninggal di lokasi.

Ikuti Juga : Sikapi AS-Australia, RI Butuh Pangkalan Militer di Papua ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here