4 Fakta Habib Bahar bin Smith Jadi Tersangka Ujaran Kebencian !

0
242
Habib-Bahar-bin-Smith
Copyright©liputan6

Jadi Tersangka Ujaran Kebencian, Ini Fakta Habib Bahar bin Smith !

Indowarta.com – Kasus ujaran kebencian kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang sempat viral di media sosial. baru-baru ini diketahui bahwa ujaran tersebut yang dilontarkan oleh Habib Bahar bin Smith dalam sebuah pidato agama. Dimana ceramah itu yang dilakukan saat acara memperingati Maulid Arba’in di Gedung Ba’alawi,

Lihat Juga : Habib Bahar : Biarkan Saya Hancur Binasa asal Indonesia Tetap Utuh !

Jalan Ali Ghatmir Lorong Sei Bayas, Kecamatan ilir Timur 3, Palembang, Sumatera Selatan pada 8 Januari 2017. Terdapat 11 saksi yang tengah diperiksa untuk mengetahui kebenaran atas penghinaan itu benar dilakukan oleh Habib Bahar. Video berdurasi beberapa menit tersebut sering dilakukan oleh pria berambut kuning tersebut. berikut ini faktanya :

WAJIB BACA :  Kisah Pekerjaan Dadakan Unik Paspampres Ketika Mengawal Jokowi !

1 Fokus Polisi saat Bahar Diperiksa

Bahar_Bin_Smith
Copyright©liputan6

Sebelum Habib Bahar menghina Jokowi, diketahui sempat mangkir saat memenuhi panggilan penyidik Polda Metro Jaya. Walaupun dalam pemeriksaan perdana hanya sebagai saksi, penyidik fokus pada satu dugaan pelanggaran, yakni tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis seperti yang telah diatur Undang-undang Nomor 40 Tahun 2008.

2 11 Saksi Turut Diperiksa

Sebelum hadir memenuhi panggilan, Kamis 6 Desember kemarin, polisi yang sudah memeriksa 11 orang saksi dan empat saksi ahli bahasa.

“Dan juga memeriksa empat ahli dari ahli pidana, ahli bahasa, ahli hate speech, dan ahli laboratorium forensik,” ujar Syahar di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (3/12/2018).

Lantas siapa saja ke-11 orang itu? Mereka yakni para pelapor serta orang-orang yang hadir di lokasi ketika Habib Bahar berceramah. Melalui pemeriksaan tersebut dikatakan bahwa video yang beredar memang benar ceramah Bahar.

WAJIB BACA :  Goyang Kandang Banteng dan Psywar Prabowo-Sandi di Pilpres !

3 Jadi Tersangka tapi Tidak Ditahan

Setelah ditetapkan sebagai tersangka, Kamis 6 Desember kemarin, polisi yang tak langsung melakukan penahanan terhadap Habib Bahar bin Smith.

Lihat Juga : Habib Bahar bin Smith Bantah Hina Presiden Jokowi, PDIP: Nanti Debat di Pengadilan !

Hasilnya beliau ditetapkan tersangka. Tadi habib sudah duluan karena ada keperluan,” kata Kuasa Hukum Bahar, Sugito Atmo Pawiro di Mabes Polri.

Habib Bahar yang jadi tersangka atas ujaran kebencian, dia dijerat dengan UU Nomor 40 Tahun 2008 tentang penghapusan diskriminasi ras danetnis dan UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE.

4 Berkaca Mata Hitam

Saat Menghadiri panggilan penyidik, Habib Bahar datang menumpangi mobil Fortuner sekitar pukul 11.27 WIB, dibalu baju gamis berwarna putih dan kain sorban, ditambah dengan kaca mata hitam yang ditutupi sorban. Kehadirannya yang disambut oleh Front Pembela Islam (FPI) dengan mengumandangkan takbir.

Lihat Juga : Habib Bahar Bakal Didampingi Pengacara Selama Jalani Proses !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here