Inilah Alasan Polisi Tidak Menahan Habib Bahar bin Smith !

0
751
Habib-Bahar-bin-Smith
Copyright©liputan6

Berstatus Tersangka, Polisi Tak Lantas Menahan Habib Bahar ini Alasannya !

Indowarta.comHabib Bahar bin Smith yang telah berstatus tersangka setelah menjalani pemeriksaan selama 12 jam di Bareskrim Polri, Jakarta Pusat, Kamis (7/12/2018). Dia yang ditetapkan sebagai tersangka setelah ceramahnya diduga menghina Presiden Jokowi beredar melalui media sosial. diketahui bahwa Habib Bahar dijerat

Lihat Juga : 4 Fakta Habib Bahar bin Smith Jadi Tersangka Ujaran Kebencian !

Dengan UU Nomor 40 Tahun 2008 tentang penghapusan diskriminas ras dan etnis dan UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE. Sementara Divhumas Mabes Polri Kombes Pol Syahar Diantoro yang mengatakan, pihak polisi tidak menahan Habib Bahar.

WAJIB BACA :  Presiden Jokowi Tetapkan 17 April 2019 Sebagai Libur Nasional !
habib bahar
Copyright©okezone

“Iya tadi malam penyidik ditipidum bareskrim polri telah menetapkan HBS sebagai tersangka tentunya melalui proses pemeriksaan dan penyidikan. Dan yang bersangkutan tadi malam tidak dilakukan penahanan dan kembali,” kata Syahar, Jumat (7/12).

Lantas dia mengatakan alasan tidak menahan Habib Bahar. Ada sejumlah pertimbangan yang diambil oleh penyidik Dit Tipidum Bareskrim Polri.

“Tentunya ada pertimbangan penyidik. Dalam KUHAP kan ketentuan pasal 21 ada pertimbangan objektif dan subjektif. Tentunya ini ada pertimbangan subjektif. Ada tiga hal di situ bahwa penyidik meyakini tidak melarikan diri, tidak mengulangi perbuatan dan tidak menghilangkan barang bukti,” jelasnya.

“Tentunya penyidik meyakini HBS ini kooperatif dan tidak dilakukan upaya penahanan. Namun proses penyidikan tetap lanjut,” sambungnya.

WAJIB BACA :  Soal Pembentukan Densus Tipikor Polri, Fahri Hamzah Minta Jokowi dan Jusuf Kalla Kompak!

Apabila tiga hal itu tidak ditepai, maka penyidik bakal mempertimbangkan lagi bahkan kemungkinan akan melakukan penahanan. Atas kasus ini, polisi yang belum melakukan pemeriksaan kepada pihak lain. Disini penyidik yang menilai jika pemeriksaan atas Habib Bahar dirasa sudah cukup.

Lihat Juga : Habib Bahar : Biarkan Saya Hancur Binasa asal Indonesia Tetap Utuh !

“Tentunya. Sementara saat ini pemeriksaan dirasa cukup oleh penyidik namun manakala perkembangan proses penyidikan ada yang harus dilengkapi baik itu pemeriksaan saksi maupun alat bukti lain tentu proses penyidikan dilakukan lg utk melengkapi proses berkas perkara,” ungkapnya.

Sekedar diketahui, Habib Bahar yang ditetapkan sebagai tersangka dalam pemeriksaan perdananya di Bareskrim Mabes Polri, Tetapi, Habib Bahar yang tidak langsung ditahan oleh pihak polisi.

WAJIB BACA :  Jokowi Beri Tanggapan soal Hubungannya dengan Anies Baswedan Bermasalah !

“Hasilnya beliau ditetapkan tersangka. Tadi habib sudah duluan karena ada keperluan,” pungkas Kuasa Hukum Habib Bahar, Sugito Atmo Pawiro di Bareskrim Polri, Kamis (6/12) malam.

Lihat Juga : Habib Bahar bin Smith Bantah Hina Presiden Jokowi, PDIP: Nanti Debat di Pengadilan !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here