Jangan Lupakan Hal-hal Penting Ini Sebelum Membeli SSD Laptop

    0
    1686

    Pada era yang sekarang ini sudah serba modern dengan berbagai teknologi yang terus diperbarui dengan serba canggih, jangan sampai perangkat penyimpanan pada menjadi kendala laptop atau komputer Anda melambat. Nah, bicara soal tempat penyimpanan pada laptop, HDD alias harddisk adalah yang paling umum. Namun itu bukanlah satu-satunya, ada pula SSD alias Solid State Drive. Ini adalah perangkat penyimpanan yang lebih canggih. Dengan SSD laptop akan berjalan dengan lebih cepat dibanding HDD.

    Nah, akan tetapi jangan terburu tergiur dengan SSD dan langsung membelinya begitu saja. Ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan sebelum membeli SSD. Berikut ini antara lainnya:

    1 Harga

    Ketika membeli sebuah barang elektronik, harga memang menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Sama halnya dengan ketika membeli SSD. Saat ini SSD sudah banyak dijual dengan harga yang lebih terjangkau. Salah satu tempat untuk Anda bisa mendapatkan SSD laptop dengan harga yang terjangkau adalah belanja online di Bukalapak karena Bukalapak tidak jarang memberikan promo-promo menarik untuk semua produk yang dijual. Mulai dari diskon harga, cashback, sampai dengan gratis ongkir. Berbagai barang elektronik, seperti juga salah satunya speaker komputer pun dapat dijumpai di Bukalapak.

    WAJIB BACA :  Pakai Ini, Kirim File dan Pindahkan Aplikasi Antar PC Cuman Sekali Klik

    Penting untuk memperhatikan harga adalah agar SSD yang dibeli sesuai dengan budget yang ada. Dalam membeli SSD lebih direkomendasikan adalah memilih kapasitas yang besar. Karena jika dihitung per GB, maka SSD dengan kapasitas yang lebih besar punya harga per GB lebih terjangkau.

    2 Kapasitas

    Jelas membeli sebuah perangkat penyimpanan penting untuk memperhatikan kapasitasnya. Begitu pula saat membeli SSD. Jika dibandingkan dengan HDD, memang harga SSD lebih mahal dengan kapasitas yang sama dengan HDD. Pilih SSD yang kapasitasnya sesuai kebutuhan. Perlu diperhatikan juga bahwa cara kerja SSD dalam menyimpan data tidalah sama dengan HDD. SSD tidak dapat menimpa data saat Anda menulis data baru. Contohnya adalah saat Anda melakukan replace data yang ada di File Explorer, saat sebuah data yang lama digantikan dengan yang lebih baru.

    WAJIB BACA :  Pakai Ini, Kirim File dan Pindahkan Aplikasi Antar PC Cuman Sekali Klik

    3 Kecepatan

    Memang SSD laptop punya kinerja yang lebih cepat daripada HDD. Bahkan kinerjanya 10 kali lebih cepat dibanding HDD tradisional. Antara SSD satu dengan yang lainnya punya kecepatan yang berbeda-beda. Namun SSD dengan kecepatan yang paling rendah pun masih lebih cepat dibanding HDD. Penting untuk mengetahui kecepatan sebuah SSD sebelum membelinya. Hal ini perlu disesuaikan dengan tingkat penggunaan laptop sendiri. Semakin tinggi intensitas penggunaan laptop, seperti penggunaan multimedia untuk editing video, gambar dan sejenisnya, maka akan membutuhkan SSD dengan kecepatan yang lebih besar.

    4 Spesifikasi Fisik

    Jangan lupakan juga spesifikasi fisik dalam membeli SSD laptop. Karena sama halnya dengan membeli barang elektronik lainnya, SSD juga penting diketahui dahulu seperti apa spesifikasi fisiknya. Mengapa spesifikasi fisik penting? Ya, karena supaya SSD yang dibeli nantinya cocok untuk laptop Anda. Spesifikasi fisik yang penting diperhatikan antara lain adalah ukuran SSD, Z-Height, sampai dengan Interface. Itulah berbagai hal yang penting untuk diperhatikan sebelum membeli SSD laptop.

    WAJIB BACA :  Pakai Ini, Kirim File dan Pindahkan Aplikasi Antar PC Cuman Sekali Klik

    Lantas, sebetulnya sudah tepat atau tidak mengganti HDD laptop ke SSD? Jika Anda memang mengharapkan laptop dapat bekerja lebih cepat, maka memang mengganti HDD ke SSD adalah pilihan yang tepat. Jadi, dikembalikan pada kebutuhan pada laptop pula. Pastinya, jangan lupakan untuk membeli SSD yang cocok dengan laptop Anda.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here