Mendikbud: Tahun Depan, Siswa Tak Perlu Daftar untuk Masuk Sekolah !

0
239
Copyright©antara

Tahun Depan Siswa Tak Perlu Daftar Sekolah? Ini Sebanya !

Indowarta.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy telah menetapkan ditahun ajaran baru nanti, siswa tidak perlu repot untuk mendaftar ketika hendak masuk sekolah. Dimana sistem zonasi pada tahun depan kemungkinan sudah bisa diterapkan. Lantaran nama calon murid sudah otomatis terdaftar di sekolah tersebut.

Lanjut Baca : Viral, Video Guru Dikeroyok Siswa, Kepala Sekolah Ungkap Kronologi Kejadian !

Guna menggunakan sistem zonasi itu, sangat diperlukan sama antara pemerintah daerah terutama dinas kependudukan dan catatan sipil. Adapaun Data siswa yang dikethui dapat dipakau sebagai alat pendataan Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Kemendikbud
Copyright©detik

“Kami menargetkan pada tahun depan siswa tidak perlu lagi mendaftar. Tapi namanya sudah terdaftar di sekolah yang ada di dekat rumahnya. Mudah sekali sebenarnya, jika zonasi ini diterapkan karena siapa yang masuk SMP tahun depan adalah anak yang duduk di kelas enam sekarang ini,” ujar Mendikbud dalam diskusi di Jakarta, Senin (10/12/2018).

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Mendikbud Tebar Ancaman Untuk Guru yang Curang dalam UN dan USBN!

Sementara sistem zonasi, ucap Muhadjir, sebagai metode dari restorasi pendidikan yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Zonasi tak sekedar dipakai untuk mendekatkan lingkungan sekolah dengan para murid, tetapi juga dapat mencegah adanya penumpukan guru berkualitas dalam sebuah sekolah.

Zonasi ini mengutamakan kedekatan jarak domisili peserta didik dengan sekolah,” jelas dia.

Lanjut Baca : Viral, Paspampres Betulkan Pose 2 Jari Mahasiswa saat Berfoto dengan Jokowi !

Nantinya, pihaknya bakal memberikan bantuan berdasarkan sistem zonasi dimana bantuan tersebut bisa digunakan dengan terarah. Sehingga dengan menggunakan sistem zonasi, anggaran dapat dialihkan untuk kesejahteraan guru , peningkatan pelatihan guru serta anggaran untuk afirmasi.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Pesan Mendalam yang Disampaikan Oleh Mendikbud Dalam Pelaksanaan Ujian Nasional Hari Ini!

“Kemudian Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) diharapkan bisa dikoordinasikan dengan baik,” kata Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang itu.

Mendikbud yang berkeinginan nanti kebijakan zonasi itu dapat dijadikan Perpres. Untuk saat ini sudah ada sekitar 2.570 zonasi, Disini Mendikbud yang memiliki harapan dapat meningkat sampai dengan 5.000 zonasi lebih.

Lanjut Baca : Heboh Video Hot, Mahasiswa UIN Bandung Kuda-kudaan di Kampus !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here