JK Sebut Indonesia Punya Peran Penting Soal Penegakan HAM di Dunia !

0
523
Copyright©liputan6

JK Katakan Indonesia Berperan Penting Jamin Penegakan HAM di Dunia !

Indowarta.com – Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) yang lebih menekankan Indonesia mempunyai peranan penting di Dunia Internasional dibidang penegakan Hak Asasi Manusia (HAM). Hal tersebut diutarakan oleh Jusuf Kalla ketika menghadiri peringatan HAM se-dunia yang digelar di Gedung Komnas HAM.

Lihat Juga : Sisa Setahun, Ini Target yang Dikejar Pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla !

“Justru Indonesia punya peran penting menjaga HAM. Kita tahu tahun 1955 setelah KAA (Konferensi Asia-Afrika), negara-negara bebas dari penjajahan,” kata JK di Gedung Komnas HAM, Jakarta Pusat, Selasa (11/12/2018).

Jusuf kalla
Jusuf kalla Copyright©kompas

Jusuf Kalla yang menuturkan, adanya kesadaran dunia dinilai sangat penting demi menjagaa HAM, harkat kemanusiaan, kebutuhan dasar manusia timbul setelah Perang Dunia ke-II. Dikarenakan, tambah dia, hal tersebut yang adanya peristiwa-peristiwa berdarah yang terjadi pada sejarah tersebut.

WAJIB BACA :  Usai Konser Musik, Jokowi Diagendakan Datang Ke Jember Fashion Carnaval!

“Bagaimana Jerman bunuh orang Yahudi dan segala pengorbanan yang terjadi setelah Perang Dunia ke-II. Kami berterima kasih tentang bangsa-bangsa di dunia yang waktu itu anggotanya belum cukup 60, mengeluarkan declaration human rights,” papar JK.

Jusuf Kalla yang memiliki pendapat, pada saat itu itu banyak yang menyebutkan jika penegakan HAM ini yang dilandasi pada hukum yang berlaku di Eropa seperti Magna Carta. Namun, menurut Jusuf Kalla, hal itu yang dinilai tak membantu sebab lantaran masih banyak bangsa yang dijajah. Sementara itu, Jusuf Kalla yang menganggap,

setelah adanya Konferensi Asia-Afrika (KAA) tahun 1955, hal itu yang lebih menguatkan jika negara-negara bebas dari masa penjajahan.

WAJIB BACA :  Jadi Viral di FB dan Twitter, Adanya Penampakan Sosok dibelakang Presiden Jokowi Ini Bikin Heboh !

“Kita tidak bisa hindari bahwa Indonesia punya peran penting. Indonesia tidak hanya pernah dijajah tapi pada suatu upaya yang keras tapi semangat yng keras juga dijalin,” ucap JK.

Lihat Juga : Jusuf Kalla Terbang ke Palu Tinjau Kondisi Korban Pascagempa dan Tsunami !

Sementara, di lain sisi, beberapa massa gabungan yang mengadakan aksi di depan kantor Komnas HAM ketika peringatan ke-70 Hari HAM Internasional. Mereka yang berasal dari KontraS, LBH Jakarta, Amnesty Internasional,  Yayasan LBHI dan beberapa kelompok dari masyarakat korban kekerasan HAM. Dimana Presiden Jokowi yang tak bisa hadir di lokasi,

Sehingga digantikan oleh Wakil Presiden, Jusuf Kalla yang ditemani oleh Kepala Staf Kepresidenan Jenderal (purn) Moeldoko. Terlihat Jusuf Kalla yang sempat melambaikan tangan ke arah masa tanpa memberikan sambutan apapun. Dan bentrokan yang sempat terjadi saat Jusuf Kalla beserta rombongan hendak meninggalkan lokasi.

Lihat Juga : Aksi Video Tik Tok Bareng Cucu Viral, Wapres Jusuf Kalla Beri Tanggapan !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here