Jokowi Mendadak Tetapkan 7 November sebagai Hari Wayang Nasional !

0
329
Copyright©kompas

Bersama Budayawan dan Seniman, Jokowi Teken Keppres 7 November sebagai Hari Wayang Nasional !

Indowarta.com – Diketahui belum lama ini Presiden Joko Widodo yang telah meneken surat keputusan presiden tentang penetapan 7 November sebagai Hari Wayang Nasional, Selasa (11/12/2018). Dimana Kebijakan itu yang dipegang secara tiba-tiba saat Presiden Jokowi menerima 40- an seniman dan budayawan Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa sore.

Lanjut Baca : Terbongkar, La Nyalla Mengaku Sebar Isu Jokowi PKI, Kristen dan Keturunan China !

“Yang langsung ditandatangani Presiden adalah Keppres soal 7 November ditetapkan menjadi Hari Wayang Nasional,” ucap pendongeng asal Aceh, Agus Nur Amal alias P M Toh yang turut tergabung dalam pertemuan itu.

WAJIB BACA :  Begini Reaksi PDIP Soal Suara Jokowi Meninggi Saat Dengar Ucapan Ahok !
Copyright©merdeka

“Kayaknya hampir lima tahun itu sudah diusulkan. Tadi begitu diusulkan lagi, disuruh cari file- nya dan langsung ditandatangani Presiden,” lanjut dia. Adapun sejumlah seniman dan budayawan yang mengkau terkejut saat mengetahui kebijakan Presiden Jokowi yang dinilai sangat dinamis itu.

Tetapi, mereka yang turut memberikan apresiasi. Dengan alasan, walaupaun wayang telah menjadi kekayaan budaya Indonesia, namun sampai dengan detik ini belum ada payung hukum yang mendukung pelestariannya.

“Apalagi wayang kan sudah menjadi salah satu heritage internasional. Jadi memang sudah pas ya,” ujar PM Toh.

Lanjut Baca : Ruhut Sitompul: Dukung Jokowi, Ahok Tak Ingin Terjun ke Dunia Politik Lagi !

Sementara direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hilmar Farid yang turut serta dalam pertemuan tersebut yang mengatakan atas penandatanganan Keppres Hari Wayang Nasional itu. Ia menilai bahwa Kemendikbud bakal menindaklanjuti Keppres tersebut supaya dapat berjalan dengan baik.

WAJIB BACA :  Keluarga Korban 1998 Pesimistis pada Jokowi, Tolak dukung Prabowo !

“Implikasinya, akan ada perayaan wayang. Yang selama ini wayang tersebar di mana-mana, jadi sekarang akan punya satu forum untuk mengembangkannya lebih lanjut,” ujar dia.

Dimana penetapan tanggal 7 November sebagai Hari Wayang Nasional yang telah mengikuti momentum Unesco yang telah menetapkan wayang sebagai a Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity atau Karya Agung Budaya Dunia pada tanggal 7 November 2003.

Lanjut Baca : Prabowo-Sandi, Gerilya di Jateng, PDIP: Pendukung Jokowi Makin Solid !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here