Fenomena Gunung Semeru ‘Bertopi’ Awan, Begini Penjelasannya !

0
297
Copyright©kompas

Gunung Semeru ‘Bertopi’ Awan, Sutopo BNPB: Bukan Mistis apalagi Politis !

Indowarta.com – Fenomena alam yang diketahui telah terjadi di puncak Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur pada Senin 10 Desember 2018 pagi. Dimana gunung Semeru tersebut yang terlihat seperti mengenakan sebuah topi dari awan. Sementara menurut dari penuturan Pusat Data informasi dan Humas

Ikuti Juga : Duduk di Kursi Bandara Menunggu Delay Pesawat, Penampilan Iriana Jokowi jadi Viral !

BNPB Sutopo Purwo Nugroho, yang mana kejadian alam di Gunung Semeru tersebut sebagai bentuk fenomena biasa. Sehingga masyarakat yang diminta untuk tidak menghubungkan dengan hal-hal lain.

Copyright©liputan6

“Ini fenomena alam biasa saja. Tidak usah dikaitkan dengan mistis apalagi politik,” kata Sutopo dalam akun twitternya, yang dikutip Liputan6.com, Selasa (11/12/2018).

Disini Sutopo yang lantas menerangkan jika awan yang diketahui berada di puncak gunung berjenis lentikularis atau altocumulus lenticularis. Dimana awan tersebut yang terbentuk disebabkan dengan adanya pusaran angin di puncak. Oleh sebab itulah, dia yang memberikan saran atas kejadian pemandangan alam

Gunung Semeru tersebut bisa diabadikan yakni melalui momen yang istimewa. Lantaran pemandangan alam tersebut yang dinilai sangat indah dipandang mata.

“Bagi yang mau nikah, gunakan fenomena alam ini buat foto pre-wedding. Sungguh memesona! Cintamu akan terus terayomi meski ada turbulensi di hatimu,” tulis dia.

Ikuti Juga : Viral, Kakek Ini Mendadak Jadi Sorotan Peserta Aksi Reuni 212 !

Sementara melalui foto-foto yang beredar di media sosial itu, puncak gunung setinggi 3.678 mdpl tersebut yang terlihat awan putih. Tetapi warganet yang berhasil mengabadikan moment langka tersebt yang mana mengatakan jika hal tersebut sebagai fenomena yang muncul ini dinilai secara singkat. Soal fenomena ini,

Kepala Resort Ranupane Elham Purnomo yang mengatakan, fenomena alam itu yang diperkirakan sebab pengaruh cuaca. Dimana ia menerangkan jika awan putih yang mirip dengan topi tersebut yang bukan disebabkan adanya semburan material dari kawah.

Walaupun begitu, Elham yang menjelaskan jika berdasarkan data hasil Pusat Vulkanologi dan Mitigas Bencana Geologi (PVMBG), status Gunung Semeru adalah waspada level II. Yang mana data tersebut yang lantas diteruskan kepada Balai Taman Nasional Bromo Tengger Semeru sebagai pengelola kawasan.

Ikuti Juga : Viral, Perempuan Terobos Apron Bandara Akibat Ketinggalan Pesawat !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here