Dua Kali Lipat! Jokowi Minta Anggaran PKH Tahun Depan Dinaikkan

0
1599
Copyright©Jokowi

Jokowi Ingin Dana PKH Untuk Keluarga Tidak Mampu Agar Naik Level

Indowarta.com – Tak ingin keluarga pra sejahtera masuk ke dalam jurang kemiskinan, Presiden Joko Widodo telah menyatakan bahwa pada tahun depan dana Program Keluarga Harapan (PKH) yang diterima oleh keluarga tidak mampu akan mengalami kenaikan. Namun, disetiap kesempatan Jokowi belum bisa menyebutkan berapa kenaikannya, tetapi untuk saat ini dana PKH yang disalurkan kepada keluarga penerima manfaat sebesar Rp 1,89 juta per tahun.

Baca Juga : Istana Angkat Bicara soal Dugaan Surat Terbuka OPM untuk Jokowi !

Seperti yang dinyatakan oleh Mentri Sosial, Agus Gumiwang Kartasasmita bahwa kebijakan dana PKH di tahun ini dan sebelumnya diketahui sama rata untuk semua keluarga dan pada tahun depan diubah dengan melihat indeks keluarga penerima manfaat. Saat di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Agus mengatakan, “Misalnya kalau dalam keluarga tersebut, ada ibu yang hamil maka dia akan mendapatkan tambahan Rp 2,4 juta, ada bantuan pokok atau reguler sebesar Rp 550 ribu. Kalau di keluarga ada balita akan ada tambahan lagi Rp 2,4 juta,” jelasnya.

WAJIB BACA :  Usai Jokowi, Anies-Sandi Siap Temui Ahok di Penjara!
Copyright©Okezone

Sementara untuk anggota keluarga penerima manfaat yang bisa mendapatkan tambahan dana itu meliputi, keluarga yang terdapat ibu hamil, lansia, disabilitas dan anak Sekolah Dasar (SD) dengan angka maksimal yang diberikan bisa mencapai Rp 9 juta/ tahun per keluarga penerima manfaat, jadi di luar keempat anggota tersebut tidak akan menerima tambahan dana PKH. “Nah kalau ada anak SMA (atau diluar empat komponen tersebut), tidak akan ditambah (dana PKH). Kemudian kalau tidak ada salah satu dari tujuh komponen, yakni hamil, balita, ada anak SD, SMP, SMA, lansia dan disabilitas, maka tidak bisa ikut PKH,” tegasnya.

Dengan adanya bantuan dana PKH seperti ini sebenarnya bertujuan untuk membantu masyarakat yang kurang mampu, seperti Ibu hamil yang kurang mampu bisa mengecek kandungannya ke Puskesmas atau rumah sakit. Selain itu, Agus juga menyatakan bahwa keluarga yang menerima PKH ini secara otomatis akan menerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang saat ini sudah mencapai 15,6 juta keluarga.

Baca Juga : Yusril Mulai Condong ke Jokowi, Mantan Jubir HTI Konsisten Anti-Rezim !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here