Diduga Menyalahi Aturan Kampanye, Mandala Shoji Divonis Penjara

0
992
Copyright©Senayanpost

Ketahuan Bagikan Kupon Umroh Saat Kampanye, Mandala Shoji Dihukum Penjara

Indowarta.comMandala Shoji adalah seorang artis sekaligus calon anggota legislatif dari Partai Amanat Nasional. Setelah lama tidak terlihat di layar kaca, kini kabar terbaru telah menyebutkan bahwa Mandala tengah ter-jerat kasus hukum, sehingga ia terancam penjara. Dan perlu diketahui bahwa Mandala yang aktif di Dunia politik ini diduga melakukan pelanggaran saat kampanye.

Baca Juga : Wiranto Sebut Reuni 212 Tak Lagi Relevan, Sebaiknya Bantu Sukseskan Pemilu !

Dimana ia memang terbukti bersalah dan melanggar aturan pemilu dengan membagikan kupon umroh, jadi ia harus divonis penjara selama 3 bulan dengan uang denda Rp 5 juta subsider 1 bulan penjara. “Menyatakan terdakwa Mandala Abadi dan Lucky Andriyani terbukti bersalah melakukan tindak pidana pemilihan umum,” ucap Ketua majelis hakim, Disbeneri Sinaga ketika membacakan amar putusan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

WAJIB BACA :  Viral! Pria Asal Probolinggo Ini Bernama Menang Prabowo

Tuntutan terhadap Mandala Shoji ini sendiri dibacakan oleh JPU Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat, Santoso saat sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. “Terdakwa Mandala dituntut enam bulan penjara, denda Rp 5 juta subsider satu bulan kurungan,” jelasnya. Menurut Santoso sendiri perbuatan Mandala ini dinilai menciderai Pemilu yang berasaskan langsung, umum, bebas dan rahasia atau LUBER. Mandala sendiri adalah caleg DPR RI dan rekannya Lucky Andriani menjadi caleg DPRD DKI Jakarta.

Copyright©swararakyat

Selain itu, Santoso juga membeberkan bahwa kedua caleg tersebut terbukti melanggar Undang-Undang Pemilu, karena pada saat kampanye di Pasar Gembrong Lama, Johar Baru, Jakarta Pusat, keduanya ketahuan membagikan kupon umroh dan doorprize kepada masyarakat dengan sisipan gambar wajah keduanya dan bertuliskan ajakan untuk memilih mereka saat pemilu Legislatif mendatang.

WAJIB BACA :  Partai Berkarya 'Tommy Soeharto' Optimis Masuk 5 Besar di Pemilu 2019!

Mandala Shoji dan Lucky yang mencalonkan sebagai caleg yang tengah membagikan kupon umroh ini sendiri disebut terbukti bersalah dan diduga melakukan tindak pidana pemilihan umum sesuai Pasal 523 ayat 1 juncto Pasal 280 ayat 1 huruf juncto UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Baca Juga : Mendagri Minta KPU Hentikan Kampanye Pemilu di Wilayah Bencana Palu-Donggala !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here