Ini Dia 4 Fakta Kotak Suara Kardus Untuk Pemilu 2019 Mendatang

0
502
Copyright©tribunnews

KPU Sudah Tunjukkan Kotak Suara Untuk Pemilu 2019

Indowarta.com – Setelah menjadi bahan perbincangan publik, kini Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menunjukkan kotak suara untuk Pemilu 2019 yang akan datang. Dimana kotak suara yang terbuat dari bahan karton kedap air tersebut telah dipamerkan oleh Komisioner KPU, Evi Novida dan Pramono UT beberapa waktu lalu.

Baca Juga : Mendagri Minta KPU Hentikan Kampanye Pemilu di Wilayah Bencana Palu-Donggala !

Meskipun kotak suara tersebut diketahui berbahan karton kedap air, namun KPU telah memastikan bahwa bahan ini terbilang kuat. Dan penampung surat yang biasanya dibuat dari bahan alumunium ini kini menjadi pertanyaan beberapa pihak karena dinilai rentan dalam menjaga hak suara masyarakat dan gampang dicurangi, namun Arief Budiman selaku ketua KPU telah memastikan bahwa kotak suara dari kardus ini mampu menjaga suara masyarakat. Berikut ini 4 fakta kotak suara kardus berbahan karton kedap air untuk Pemilu 2019.

Hemat Biaya

Dengan menggunakan kotak suara kardus ini mampu menghemat anggaran Rp 548 miliar dari pengadaan logistik untuk Pemilu 2019 dan tercatat nilai kontrak Rp 473 miliar untuk pengadaan logistik tersebut. Penghematan ini sendiri dicapai KPU karena pengadaan dilakukan menggunakan sistem e-katalog. KPU juga sudah siap melaksanakan Pemilu yang diadakan pada 17 April 2019, mulai dari anggaran, logistik, hingga personel.

Tetap Kuat

Copyright©Tirto

Memang sih kotak suara tampak seperi kardus pada umumnya, namun perlu diketahui bahwa ini memiliki daya tahan yang sama dengan model alumunium, bahkan mampu menahan bobot orang dewasa.

Bukan Pertama Kali

Arief sendiri mengatakan terkait kotak suara kardus dengan model berbahan karton kedap air ini tidak usah diributkan karena bukan menjadi hal baru dalam gelaran pemilu. Jenis kotak suara seperti ini sudah digunakan dalam gelaran pemilu sejak 2009 hingga Pilkada 2018. Sehingga ia berharap tidak ada lagi publik yang mencemaskan pemakaian kotak kardus kedepan-nya karena kotak suara ini tetap terjamin keamanannya dan kerahasiaan-nya.

Sudah Disetujui

Copyright©tribunnews

Dan fakta yang terakhir, penggunaan bahan kotak suara tersebut sudah disetujui semua fraksi pemerintah dan oposisi di Komisi II, maka dari itu tudingan bahwa desain kotak suara berbahan karton kedap air ini untuk skenario kecurangan harus dihapuskan. Pasalnya sebelumnya kotak suara semacam ini sudah pernah digunakan dan kenyataannya juga berjalan dengan lancar.

Baca Juga : Wiranto Sebut Reuni 212 Tak Lagi Relevan, Sebaiknya Bantu Sukseskan Pemilu !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here