Terkait Tsunami Selat Sunda, Ma’ruf Amin Ingin Anggaran Bencana Diperbesar !

0
271
Copyright ©Poskota

Banyaknya Bencana di Indonesia, Ma’ruf Amin Berharap Anggaran Bencana Diperbesar !

Indowarta.com – Calon wakil presiden nomor urut 01, Ma’ruf Amin yang telah mengatakan akan mendorong pemerintah untuk meningkatkan anggaran soal penanganan bencana. Dimana hal tersebut yang dinilai adanya sejumlah bencana alam yang tengah terjadi di Indonesi dalam beberapa waktu belakangan ini, dan khususnya tsunami Selat Sunda.

Lanjut Baca : Disebut Sebagai Alat Jokowi, Ma’ruf Amin Tunjukkan Prestasi di Dunia Politik !

“Anggaran harus diperbesar, jangan sampai begitu terjadi baru cari anggaran. Jadi harus disiapkan,” ujar Ma’ruf di kediamannya Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta, Rabu (26/12).

Copyright©okezone

Tak hanya anggaran saja, ucap Ma’ruf Amin, pihaknya yang meminta untuk memperkuat peran BMKG dan BNPB yakni dengan menyediakan peralatan pendeteksi dini bencana yang lebih mutakhir. Jika melihat dari pengalaman gempa di sejumlah daerah dan tsunami di Selat Sunda, BMKG yang dinilai tak mampu mendeteksi adanya tanda-tanda sedini mungkin.

WAJIB BACA :  Jumlah Korban Tewas Tsunami Banten-Lampung Mencapai 229 Orang !

“Karena itu harus dilengkapi dengan alat yang canggih sehingga sudah ada warning warga yang daerah kemungkinannya terjadi gempa atau tsunami,” katanya.

Ia mengaku setuju dengan usulan Presiden Joko Widodo yakni soal pendidikan bencana sejak dini. Menurut Ma’ruf Amin, soal pendidikan tersebut yang tampaknya perlu diberikan sejak anak duduk dibangku sekolah dasar.

Lanjut Baca : Khofifah Tolak Jadi Tim Kampanye Jokowi-Ma’ruf Amin di Jatim , Ini Alasannya !

“Sejak SD sudah diberi kesadaran bahwa kita sebagai negara yang berada di daerah gempa sudah harus disiapkan sejak dini. Itu jadi program yang akan kita canangkan nanti,” ucap Ma’ruf.

Sekedar diketahui, Pemerintah yang sudah memiliki sistem peringatan dini dan meletekkanya di sejumlah perairan yang dinilai rawan tsunami. Terdapat tiga komponen, seperti seismograf, tide guage dan buoy. Dimana ketiga alat tersebut sebagai peringatan dini tsunami yang mampu bekerja secara bersamaan.

WAJIB BACA :  Dibalik Banyaknya Korban Tewas Tsunami Banten, Ada Tangan-Tangan Jahat !

Tetapi , buoy yang memiliki fungsi untuk mendeteksi tsunami akibat gempa tektonik ketika gelombang masih jauh dari bibir pantai yang justru hilang, ada bebeapa yang bahkan rusak dan tidak sedikit yang sengaja dirusak oleh tangan-tangan jahat.

Lanjut Baca : Presiden Jokowi Akan Lantik Megawati dan Ma’ruf Amin dalam UKPPIP!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here