Gunung Merapi Berstatus Waspada, Warga Diminta Menjauh hingga Radius 3 KM !

0
364
Copyright©liputan6

Status Gunung Merapi jadi Waspada, Warga Dihimbau Menjauh hingga Radius 3 KM !

Indowarta.com – Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) yang telah menyatakan, bahwa status Gunung Merapi saat ini berada di level waspada. Oleh sebab itu, masyarakat dilarang untuk beraktivitas dijarak beradius 3 kilometer dari puncak.

Lanjut Baca : Dua Letusan Gunung Merapi Jumat Malam Merupakan Pelepasan Gas

“Radius 3 km dari puncak Gunung Merapi agar dikosongkan dari aktifitas penduduk,” tulis BPPTKG dalam siaran persnya, Kamis (27/12/2018).

Status Gunung Merapi Dinaikkan Jadi Waspada
Status Gunung Merapi Dinaikkan Jadi Waspada – Copyright © Liputan6

Disini masyarakat yang dilarang melakukan kegiatan pendakian terkecuali jika melakukan penyelidikan dan penelitian yang berhubungan dengan mitigasi bencana. Bagi masyarakat yang berada di kawasan rawan bencana III (KRB III) untuk selalu meningkatkan kewaspadaan.

WAJIB BACA :  Gunung Merapi Meletus, Keluarkan Material Vulkanis, Warga Dihimbau Jauhi Jarak 3 KM

“Jika terjadi perubahan aktifitas Gunung Merapi akan segera ditinjau kembali,” tulis siaran pers itu.

Disamping itu, masyarakat yang diharapkan tidak mudah terpancing oleh isu terkait erupsi Gunung Merapi yang masih belum diketahui dengan jelas asal usul sumbernya dan harus mengikuti aturan dari aparat pemerintah daerah, atau bisa juga bertanya langsung kepada Pos Pengamatan Gunung Merapi terdekat.

Atau bisa dengan mengunjungi situs resmi, www.merapi.bgl.esdm.go.id, media sosial BPPTKG atau ke kantor BPPTKG Jalan Cendana no 15 Yogyakarta telepon (0274)514180-514192. Disamping itu, pemerintah daerah meminta kepada masyarakat untuk mensosialisasikan tentang kondisi terkini Gunung Merapi.

Lanjut Baca : Gunung Merapi Meletus, 4 Kecamatan di Kabupaten Semarang Dihujani Abu

Dari hasil pengamatan BPPTKG periode 26 Desember 2018 pada pukul 12.00-18.00 WIB, di wilayah Gunung Merapi cuaca sedang mendung. Dimana angin yang bertiup pelan ke arah utara yakni dengan suhu udara mencapai 16,6-21,5 derajat celcius,

WAJIB BACA :  Gunung Merapi Luncurkan Wesua Gembel Sejauh 1,5 Km, Warga Diminta Waspada !

sementara kelembaban udara 50-58 persen, dan tekanan udara mencapai 836.5-9444.0 mmHg. Melalui prakiraan cuaca, volume curah hujan mencapai 7 mm, sedangkan untuk asap kawah yang tidak diamati.

Sementara kabar sebelumnya, Gunung Merapi yang telah meluncurkan lava pijar pada Minggu 16 Desember 2018 malam. Diketahui lava pijar dengan jangkauan 300 meter ke arah hulu Kali Gendol. Jika dilihat sepintas, maka seperti menakutkan. Tetapi, dari Balai Penyelidikan dan Pengemangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta yang mengatakan intesitas lava yang dinilai masih rendah.

Lanjut Baca : Ada 120 Pendaki Ketika Gunung Merapi Meletus Pagi Ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here