Waspada, Cuaca Ekstrem Hujan Deras dan Gelombang Tinggi Melanda Manado !

0
588
Copyright©instagram

Manado Diterjang Gelombang Tinggi, Cuaca Ekstrem Hujan Deras dan Angin Kencang Merata !

Indowarta.com – Diketahui bahwa lokasi bibir pantai Manado yang telah diterjang dengan gelombang tinggi. Dimana cuaca buruk yang diketahui turut melanda di sebagian besar wilayah Sulawesi Utara, Kamis (22/12/2018). Sementara beberapa tempat di Manado juga terdapat hujan deras dan disertai angin kencang sehingga mengakibatkan adanya gelombang tinggi merata di semua wilayah.

Ikuti Juga : BMKG Pastikan Tidak Ada Potensi Tsunami di Sejumlah Wilayah di Indonesia !

Disisi lain, Gubernur Provinsi Sulut, Olly Dondokambey, telah memberikan imbauan kepada seluruh masyarakat untuk selalu waspada dan peka terhadap cuaca.

Copyright©instagram

“Kami mengimbau masyarakat ‎berhati-hati saat melalui ruas jalan yang berbukit dan pepohonan tinggi serta wilayah atau titik rawan longsor,” ucap Gubernur melalui Kabag Humas Pemprov Sulut, Christian Iroth, Kamis (27/12/2018) malam.

WAJIB BACA :  BMKG: Tercatat, Ada 189 Gempa Susulan yang Terjadi di Poso, Warga Dihimbau Tak Takut!

Adapun bagi warga yang memiliki profesi sebagai nelayan yang kembali diminta untuk selalu mematuhi peringatan dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) serta BMKG terkait prakiraan cuaca angin dan gelombang. Disini, Gubernur yang berharap apabila cuaca tidak kondusif supara para nelayan menghentikan niatnya untuk melaut dan tunggu sampai cuaca kembali kondusif.

Tak hanya itu, Pemprov Sulut yang juga mengingatkan kepada semua stakeholder dan kepala daerah untuk selalu memantau sejumlah titik yang sudah terjadi.

Buat tanda awas atau waspada ditempat-tempat yang sudah terhadi pohon tumbang atau longsor, agar saat akan melintas pengendara bisa menghindar,” pesannya.

Wilayah yang berpotensi terjadi tanah longsor dan pohon tumbang:

  • Ruas jalan Manado Tomohon
  • Tomohon Tondano
  • Bitung Manado
  • Wilayah Minahasa Selatan dari Kapitu menuju ke daerah Tompaso Baru.
WAJIB BACA :  BMKG: Gempa 6.4 SR di Bengkulu Tak Berpotensi Tsunami!

Ikuti Juga : KPK Pastikan Ancaman Hukuman Mati Bagi Koruptor Dana Bencana Tsunami !

Sementara di tempat yang berbeda, Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Sam Ratulangi Manado, Carisz Kainama, yang menerangkan soal angin kencang yang menerjang wilayah Sulut‎ lantaran adanya tekanan rendah di utara Sulut.

“Angin yang terjadi dipengaruhi oleh tekanan rendah di sekitar Filipina,” kata Carisz.

Dimana keadaan tersebut yang dapat memengaruhi intensitas tekanan angin di wilayah Sulut, diperkriakan bakal berlangsung sampai empat hari ke depan. Apabila tekanannya terus terjadi maka hal tersebut bisa berpotensi angin kencang di wilayah Sulut hingga sepekan.

Ikuti Juga : Ternyata Longsoran ini yang Sebabkan Tsunami Selat Sunda Seluas 64 Hektar !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here