Fakta Tentang Gunung Krakatau yang Pernah Menggelapkan Dunia !

0
453
Copyright©okezone

Fakta Tentang Gunung Krakatau yang Pernah Menggelapkan Dunia !

Indowarta.com – Pasca adanya bencana tsunami yang telah merobohkan wilayah Pandeglang, Serang sampai dengan Lampung Selatan pada 22 Desember 2018, diketahui bahwa saat ini aktivitas Gunung Anak Krakatau yang masih tinggi. Terlebih, hingga kini Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian ESDM yang

Lanjut Baca : Pos Pemantau Pastikan jika Suara Dentuman Misterius di Sumsel Akibat Erupsi Krakatau !

Sudah menaikkan status Gunung Anak Krakatu dari Waspada (level II) menjadi Siaga (Level III), yakni dengan zona berbahaya diperluas hingga 5 kiolemeter dari sebelumnya 2 kilometer. Dibalik perisstia itu, aktivias gunung yang ada di Selat Sunda tersebut nampaknya pernah lebih dahsyat dari sekarang, dimana letusanna jauh lebih besar.

WAJIB BACA :  Berstatus Waspada, Gunung Anak Krakatau Meletus 398 Kali ?
Copyright©antara

Berikut ini sejumlah fakta yang dikumpulkan dari sejumlah sumber soal Gunung Krakatau sebelum dan sesudah melahirkan anaknya, selengkapnya :

1 Letusan Besar pada 416 SM

Dalam sejaran, gunung Krakatau yang meletus besar pada 416 SM, yang menyebabkan adanya tsunami dan penbentukan kaldera atau kawah (Judd,1889). Didapat dari sumber lain, De Neve (1981) yang didapat informasi sejumlah letusan terjadi pada abad ke-3, 9, 10, 11, 12, 14, 16 dan 17 yang diikuti dengan tumbuhnya kerucut Rakata, Perbuwatan dan Danan.

2 Menjadi Gunung Api dengan Letusan yang Paling Dahsyat

Gunung Krakatau meletus kembali pada 27 Agustus 1883. Simon Winchester, yang sebagai ahli geologi lulusan Universitas Oxford Inggris yang mengarakan, jika ledakan tersebut sebagai letusan yang paling besar, suara paling keras, sehingga dapat melelehkan vulkani dalam sejarah manusia modern. Letusannya diperkirakan mencaia 30.000 kla bom atom, yang diketahui meratakan Nagasaki dan Hiroshima di akhir Perang Dunia II.

WAJIB BACA :  Ini Penjelasan Ahli Geologi soal Tsunami Selat Sunda yang Dipicu Letusan Anak Krakatau !

Lanjut Baca : BMKG Masih Kesulitan Pantau Kawah Gunung Anak Krakatau Usai Longsor !

Dalam sejarah, gelombang pasang (tsunami) setinggi 30 meter dipantai barat Banten dan Lampung Selatan yang menewaskan 36.417 jiwa.

3 Suara Letusan terdengar hingga Radius 4.653 Km

Suara ledakan serta gemuruh gunung Krakatau yang terdengar hingga radius 4.653 kilometer, hingga Alice Springs Australia dan Pulau Rodrigues. Disamping itu, getaran letusannya terasa hingga Eropa.

4 Menggelapkan Dunia

Letusan gunung Krakatau yang menyebabkan perubahan iklim dunia. Dua setengah hari, dunia mengalami kegelapan adanya debu vulkanis yang menutupi atmosfer bumi.

Lanjut Baca : Sutopo BNPN: Anak Gunung Krakatau Tumbuh 4-5 Meter Per Tahunnya !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here