Kubu Jokowi Minta KPI Ganti Bambang Widjojanto dari Tim Panelis Debat !

0
417
Copyright©kompas

Sebagai Panelis Debat, Timses Jokowi Ragukan Bambang Widjojanto !

Indowarta.com – Sekretaris Tim Kampanye Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Hasto Kristiyanto yang meminta kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU)( untuk turut memperhatikan netralistas panelis dalam debat Pemilihan Presiden 2019. Dimana hal tersebut yang diungkapkan saat ditanya terkait mantan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bambang Wijdojanyo

Lihat Juga : Kubu Jokowi Maklumi Aksi Poco-poco Prabowo di Malam Natal !

Sebagai seorang panelis. Lantas Hasto yang meminta kepada KPU untuk mempertimbangkan masukan masyarakat terkait hal ini.

Copyright©cnnindonesia

“Ketika ada yang memberikan masukan tentang Bambang Widjojanto dan kemudian yang lain, itu KPU harus menggunakan seluruh instrumen publiknya untuk menangkap pendapat tersebut karena syarat panelis netral itu sangat penting,” ujar Hasto di Posko Cemara, Minggu (30/12/2018).

WAJIB BACA :  Prabowo Sebut Pemerintahan Jokowi Merupakan Rezim Neo-Orba, Maksudnya?

Disini Hasto yang mengungkapkan, rekam jejak sosok bambang Widjojanto yang juga perlu untuk diperhatikan. Pada Pemilihan Kepala Daerah DKI 2017, Bambang yang menjadi tim pakar pasangan dari Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. Dimana Sandiaga Uno yang sekarang telah menjadi calon wakil presiden yang turut andil dalam kontestasi Pilpres 2019.

“Rekam jejak yang disampaikan bahwa pernah jadi partisan dalam kontestasi pilkada, itu harusnya didengarkan oleh KPU,” kata dia.

Walaupun begitu, TKN Jokowi-Ma’ruf yang telah menyerahkan hal tersebut sepenuhnya kepada KPU. Disini Hasto yang berharap KPU dapat menunjuk seorang panelis yang sudah terbukti independen dan juga netral. “Termasuk menjaga jarak dengan penguasa itu sendiri,” kata dia.

WAJIB BACA :  Tak Lolos Verifikasi, Partai Berkarya dan Partai Garuda Konsultasi Ke Bawaslu!

Lihat Juga : Mengintip Pesan Politik soal Foto ‘One Man Show’ Jokowi !

Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang telah menetapkan delapan orang panelis untuk debat pertama pada pilpres. Dari delapan orang panelis tersebut, terdapat tujuh orang yang telah dikonfirmasi dan mengaku bersedia. Sedangkan, salah seorang lagi ada yang berasal dari unsur pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang dalam konfirmasi.

Terdapat tujuh nama yang telah dinyatakan akan kesediannya yakni, Himahanto Juwana, Bagir Manan, Ahmad Taufan Damanik, Adnan Topnan Husodo, Bambang Wijojanto, Margarito Kamis dan Bivitri Susanti. Dimana pada debat pertama pilpres, yang bakal mengangkat tema mengenai hukum korupsi, HAM dan terorisme.

Adapun debat Pilpres 2019 yang bakal diadakan sebanyak lima kali. Untuk debat yang pertama menurut rencana bakal diadakan pada 17 Januari 2019.

Lihat Juga : Jokowi-Ma’ruf Amin Dapat Dukungan dari Mubaligh se-Pulau Jawa !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here