Ini Fakta Longsor Sukabumi Jelang Pergantian Malam Tahun Baru !

0
307
Copyright©liputan6

Berikut Fakta Longsor Sukabumi saat Malam Pergantian Tahun Baru !

Indowarta.comLongsor yang telah menimpa puluha rumah di atas bukit di Kampung Cimapag, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Senin, 31 Desember 2018 sekitar pukul 17.30 WIB. Dimana Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Nugroho yang mengungkapkan, tim yang tengah berusaha untuk mencari para korban longsor Sukabumi.

Lihat Juga : Terkait Tsunami Selat Sunda, Ma’ruf Amin Ingin Anggaran Bencana Diperbesar !

Dia mengatakan, berdasarkan data sementara yakni pada Selasa (1/1/2019) pukul 11.45 WIB, di Desa Sirnaresmi yang telah tercatat ada 32 kepala keluarga atau sebanyak 107 jiwa terkena dampak longsor. Sementara ada sembilan orang yang diketahui meninggal dunia, empat orang luka-luka dan 34 orang belum ditemukan.

WAJIB BACA :  Dibalik Banyaknya Korban Tewas Tsunami Banten, Ada Tangan-Tangan Jahat !
Copyright©liputan6

Berikut ini 4 fakta longsor Sukabumi yang telah dihimpun dari berbagai sumber :

1 Jumlah Korban Sebanyak 107 Orang

Tim SAR gabungan yang telah menyelamatkan sebanyak 33 warga yang telah menjadi koban longsor yang melanda Kampung Garehong, Dusun Cimapag, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Senin 31 Desember 2018.

“Ada 107 jiwa yang menghuni kampung yang berada di Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok tersebut dan baru 33 berhasil diselamatkan, dua meninggal dan puluhan lainnya belum diketahui keberadaannya,” kata Kepala Desa Sirnaresmi Iwan melalui sambungan telepon, Selasa (1/1/2018) dini hari.

2 Terdapat 34 Rumah Tertimbun Longsoran

Badan Nasional Penanggulangan Bencana yang menyebut ada puluhan rumah di Sukabumi, Jawa Barat yang telah tertimbun longsiran pada malam tahun baru. Dimana Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Nugroho yang melalui siaran pers menyebutkan,

WAJIB BACA :  Sutopo BNPN: Anak Gunung Krakatau Tumbuh 4-5 Meter Per Tahunnya !

Adanya hujan deras yang telah mengguyur Desa Sirnaresmi sehingga aliran permukaan di areal hutan serta persawahan menjadi jenuh. Adapun jenuhnya air yang menjadi penyebab longsor perbukitan dan materialnya meluncur menuruni lereng sehingga menimbun sebanyak 34 rumah kampung adat dibagian bawah,

Lihat Juga : Inilah Kisah Orang yang Mendapat Keajaiban di Tengah Bencana Gempa Palu-Donggala !

yakni Kampung Cimapag, Desa Sinaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi pada pukul 17.00 WIB.

3 Sebanyak 9 Orang Tewas

Sutopo BPNB yang mengatakan, pihaknya telah meminta kepada masyarakat untuk bersabar dan jangan percaya atas kabar yang tidak bertanggung jawab. Update longsor Sukabumi, Selasa (1/1/2019) pukul 11.45 WIB, 60 orang telah diselamatkan, 4 orang luka-luka.

WAJIB BACA :  Zona Bahaya Gunung Anak Krakatau Diperluas Hingga 5 Kilometer !

“9 Orang meninggal dunia, dan 34 orang belum diketahui atau masih dalam pencarian,” kata Sutopo dalam keterangan tertulisnya.

Lihat Juga : Mendagri Minta KPU Hentikan Kampanye Pemilu di Wilayah Bencana Palu-Donggala !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here