KontraS Sebut Jokowi dan Prabowo Adalah Pelanggar HAM ?

0
338
Copyright©tribunnews

Kontras: Bahas HAM di Debat Capres Tak Jamin Agenda HAM Jadi Prioritas !

Indowarta.com – Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (KontraS) yang menyebuat bahwa kedua calon presiden, Prabowo Subianto dan Joko Widodo yang diketahui sedang berkontestasi adalah pelangar Hak Asasi Manusia (HAM).

“Kalau melihat komposisi kedua calon soal penyelesaian HAM baik Jokowi maupun prabowo bisa dikategorikan pelanggar HAM karena tidak ambil langkah apapun dalam penyelesaian kasus HAM,” ujar Staf Divisi Pemantauan Impunitas KontraS, Dimas Bagus Arya saat dihubungi CNNIndonesia.com, Jumat (4/1).

Ikuti Juga : Rayakan HUT ke-46, PDIP Undang Jokowi-Ma’ruf untuk Koordinasi Pemilu !

Sementara Dimas yang mengatakan bahwa Prabowo merupakan terduga pelanggar HAM. Dimana hal tersebut yang terlihat atas keterlibatannya dalam beberapa kasus. Yakni salah satunya yang kerap dilontarkan adalah keterlibatan mantan Danjen Kopassus tersebut diduga telah menghilangkan secara paksa aktivis 1997-1998.

WAJIB BACA :  Diduga Menghina Prabowo Subianto saat Debat, Jokowi Dilaporkan ke Bawaslu !
Copyright©cnnindonesia

“Prabowo karena namanya tersangkut di beberapa dokumen Komnas HAM misal kasus penculikan, penghilangan paksa belum clear karena masih ada sembilan orang yang belum jelas statusnya,” ucap Dimas.

Lepas dari itu, tambah Dimas, Jokowi yang juga sebagai seorang pelanggar HAM dikarenakan selama empat tahun menjabat sebagai presiden, sejumlah kasus pelanggaran HAM masa lalu yang diketahui hingga kini juga belum tuntas. Terlebih, mantan Wali Kota Solo tersebut yang sempat berjanji bakal menuntaskan kasus pelanggaran HAM pada masa lalu.

“Sebenarnya dalam terminologi HAM Jokowi ketika jadi petahana dia tidak bisa dikatakan bersih, dia punya otoritas menyelesaikan pelanggaran HAM tapi dia tidak menyelesaikan itu. Kalau dia melakukan pembiaran itu merupakan bentuk kejahatan,” ucapnya.

WAJIB BACA :  Elektabilitas Jokowi Terus Naik, Sedangkan Prabowo Turun!

Ikuti Juga : Bentuk Apresiasi di Tahun 2019, Jokowi-Jusuf Kalla Dikirimi Karangan Bunda di Istana !

Ditambah, Dimas yang berucap dalam visi misi serta program-program nantinya, kedua calon tersebut yang tak menempatkan penyelesaian soal pelanggaran HAM sebagai prioritas.

Diyakini, bahwa isu-isu HAM bakal kembali dipermainkan oleh kedua kubu guna meraih konstituen luas. Yang mengedepankan isu dan janji-janji tersebut yang disebut tak akan diimplementasikan usai salah satu dari mereka berkuasa.

“Ketika nanti berbicara di debat capres kita merasa bahwa HAM ini hanya komoditas dipolitisasi untuk meraih konstituen luas, untuk mencitrakan kedua kubu ini punya kepedulian soal HAM, tapi ketika terpilih akan tidak mengimplementasikan janji-janjinya itu,” tutup Dimas.

Ikuti Juga : Timses Jokowi Pertimbangkan Proses Hukum Andi Arief soal Hoaks Surat Suara Tercoblos !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here