Pamor Amien Rais Dinilai Mulai Menurun, PAN Perlu Cari Figur Baru !

0
1442
Copyright©cnnindonesia

Saat Wibawa Amien Rais Pudar, PAN Tampaknya Perlu Sosok Figur Baru !

Indowarta.com – Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA yang telah menilai pamor Amien Rais yang sebagai tokoh dan Ketua Dewan Kehormatan di Partai Amanat Nasional (PAN) mulai menurun. Dimana partai itu pun dirasa harus mencari figur lain yang dinilai mampu menaikkan elektabilitas partai dalam pemilihan legislatif 2019.

Lihat Juga : Dinilai Tak Komitmen, Amien Rais Diminta Mundur oleh Pendiri PAN !

“Dari PAN meski pun pamor Amien Rais relatif redup tetapi masih ada figur-figur lain yang bisa dimunculkan yang bisa menambah pendongkrak untuk lolos (dari batas bawah minimal parlemen),” ucap peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa di kantor LSI, Jakarta Timur, Selasa (8/1).

WAJIB BACA :  Berita Terkini: KPK Analisis Fakta Soal Amien Rais Disebut Terima Rp 600 Juta !
Amien Rais
Amien Rais Copyright © Detik

Berdasarkan survei LSI Denny JA yang telah dilakukan lima bulan tahun lalu, suara yang didapat oleh PAN dinilai berada di bawah PKS dan PPP. Sementara Pada Agustus PAN memperoleh suara 1,4 persen, pada September sebanyak 1,5 persen, Oktober mendapat 1,9 persen, November mendapatkan 1,6 persen serta Desember yang mendapatkan 1,8 persen.

Di sisi lain, PKS yang dinilai memperoleh suara sebanyak 3,9 persen pada Agustus, 4,1 persen dan pada September, 2,6 persen pada Oktober, 2,9 persen pada November dan 3,3 persen pada Desember. Sementara untuk PPP yang meraih 3,2 persen suara pada Agustus, 3 persen di September, 2,9 persen di Oktober, 3,4 persen di November serta tiga persen di Desember.

WAJIB BACA :  Begini Reaksi Polisi Lihat Pertemuan Habib Rizieq Shihab, Amien Rais dan PKS!

Namun hal lain yang malah diraih oleh PKB. Dimana pada bulan Agustus, PKB yang diketahui mendapatkan suara sebanyak 6,7 persen, September sebanyak 5,4 persen, Oktober mendapatkan 6,3 persen, November mendapatkan 6,2 persen dan Desember sebanyak 6,9 persen.

Lihat Juga : Soal Aksi Massa Kawal Amien Rais, Nusron Sebut Tradisi yang Buruk !

Ardian yang diketahui mengatakan jika pihaknya harus lebih dulu mengkaji mengenai apa yang menyebabkan pamor Amien sekarang ini menjari menurun.

“Memang Pak Amien Rais dulu, ini sudah membuktikan lolos ke PT (parliamentary threshold) di 2004, 2009, seiring berjalannya waktu pamor bisa naik turun. Saat ini pamornya Amien Rais berbeda dengan dahulu. Dulu sangat powerfull sekarang menurun,” pungkasnya.

WAJIB BACA :  PAN Sebut Amien Rais Tak Urus Masalah Sepele Layaknya Kasus Alkes!

Berdasarkan penuturan Ardian, ada beberapa faktor yang dinilai sebagai penyebab elektabilitas partai menurun antara lain figur kuat dalam partai dan program yang disukai dan diterima oleh publik. Apabila keduanya tidak ada, tambah dia, kemungkinan suara partai bakal tetap rendah.

Lihat Juga : Aksi Kawal Amien Rais, 500 Anggota Laskar PA 212 Dikerahkan !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here