KNKT Temukan CVR Lion Air, Namun Baterai Terlepas dari Perangkat Aslinya !

0
167
Copyright©okezone

Usai Temukan CVR Lion Air, KNKT Segera Lakukan Penelitian, Untuk Mengunduh Isinya !

Indowarta.com – Panglima Koarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono yang diketahui telah mengambil black box atau kotak hitam berjenis CVR (Cockpit Voice Recorder), Lion Air PK LQP yakni dengan nomor penerbangan JT 610. Dimana penjemputan tersebut yang dilakukan bersama dengan investigator dari KNKT.

Dimana Investigator KNKT, Ony Soerjo Wibowo yang mengatakan, jika kondisi baterai dari CVR yang diketahui sudah lepas dari perangkat aslinya. Sehingga hal tersebut yang menjadi alasan peneybab sulitnya untuk menemukan CVR itu.

Ikuti Juga : Lion Air Segera Klarifikasi ke KNKT soal JT 610 Disebut Tak Laik Terbang !

“CVR ini kalau kita boleh jelaskan sudah terlepas dari unit aslinya. Dan baterai underwater locator beacon (ULB) yang biasanya nempel di depan sini sudah terlepas dari unit ini, sehingga inilah yang membuat tantangan kita untuk mencari,” kata Ony di atas KRI Spica, Senin (14/1/2019).

Copyright©okezone

Disini Ony yang memastikan, dari hasil pengamatan fisiknya, jika CVR tersebut yang masih diteliti guna kepentingan investigasi kecelakaan pesawat yang telah merenggut nyawa sebanyak 178 orang itu.

“Tapi alhamdulillah dengan seluruh kerja sama tim TNI, KNKT semuanya kita berhasil menemukan ini dalam kondisi yang masih relatif baik,” imbuh dia.

Ia menambahkan, pihaknya bakal mencoba untuk mengunduh semua data yang ada didalam CVR itu. supaya dapat diketahui percakapan terakhir antara pilot dan co-pilot.

“Kita akan coba nanti download di KNKT mudah-mudahan nanti di KNKT kita berhasil untuk mendownload sehingga bisa kita sampaikan kepada masyarakat,” kata dia.

Ikuti Juga : Terjadi Gangguan, Pilot Lion Air JT610 Berjuang Naikkan Pesawat Sebelum Jatuh !

Sementara Kepala Pushidros TNI AL Laksamana Muda Harjo Susmoro yang mengatakan, bahwa black box tersebut ditemukan dalam keadaan tergores di sejumlah bagian. Tetapi, i ayang meyakini jika bagian dalam black box tidak rusak.

CVR punya kekuatan untuk tahan goncangan 200 G

“Kalau kemarin tidak akan sampai 200 G secara fisik hanya lecet, tetapi di dalamnya punya kemampuan tahan,” kata Harjo di Dermaga JICT 2, Jakarta Utara, Senin (14/1/2019) kemarin.

Dimana, black box tersebut yang dirancang untuk menahan goncangan dan ledakan keras sekalipun.

Ikuti Juga : Berdasarkan Kotak Hitam, KNKT Ungkapkan Kronologi Lion Air JT610 Alami Stall !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here