Dibalik Momen Naik-Turun Alis Jokowi dan Aksi Joget Prabowo di Debat Pilpres !

0
810
Copyright©kompas

Arti di Balik Naik-Turun Alis Jokowi dan Aksi Joget Prabowo di Debat Pilpres !

Indowarta.com – Gestur merupakan salah satu anasir yang menarik yang tak luput untuk dianalisis setelah ajang debat capres dan cawapres perdana di Hotel Bidakara, Kamis (17/1/2019) malam tadi. Sementara makna sederhana dari gestur yang memiliki arti komunikasi nonverbal yakni dengan aksi tubuh yang menunjukkan

Lihat Juga : Debat Pertama, Prabowo Terlihat Lebih Dominan Ketimbang Sandiaga, Karena Hal Ini ?

Mengkomunikasikan pesan-pesan itu, baik sebagai pengganti bicara atau berbarengan dengan kata-kata yang diucapkan. Diketahui tak sedikit gestur yang ditunjukkan oleh kedua paslon tadi malam, baik dari pasangan 01 Jokowi-Ma’ruf ataupun 02 Prabowo-Sandiaga Uno. Ada diantaranya, aksi gulung lengan baju Jokowi,

WAJIB BACA :  Kubu Prabowo-Sandi Ajak TKN Jokowi-Ma’ruf untuk Bersaing Sehat !
Copyright©kompas

Joget Prabowo dan aksi pijat bahu Sandi kepada Prabowo. Selain itu, Sandi yang tutur menyelipkan gestur cium tangan Ma’ruf Amin dalam beberapa kali. Sementara Monica Kumalasari, ahli bahasa tubuh yang berbasis sains yang telah mengantongi lisensi dari Paul Ekman, seorang profesor psikologi di Universitas California.

Yang telah membeberkan bahasa tubuh dari kedua pasangan calon presiden Indonesia perideo 2019-2024. Dari pandangan Monica, arti dari gulungan baju yang mengungkapkan bahwa keinginan Jokowi untuk segera melanjutkan pekerjaan. Disini, Moniba yang turut menyoroti perubahan gaya dari Jokowi dan Prabowo pada debat perdana ini.

Monica yang mengaku melihat gestur Jokowi yang seringnya santai yang jadi lebih tegas, sedangkan bagi Prabowo yang jadi lebih kalem dan santai.

WAJIB BACA :  Timses Jokowi Ungkap, Tabloid Indonesia Barokah Berisi Fakta !

“Mata itu jendela jiwa, dari sisi Jokowi terlihat alisnya bergerak turun naik ketika dia mau mengatakan penegasan,” kata Monica, dikutip Antara, Kamis (17/1) malam.

“Juga bicaranya pakai tone suara perut,” kata Monica.

Lihat Juga : Jokowi dan Prabowo yang Diprediksi Cuci Tangan soal HAM di Debat Capres Nanti !

Lepas dari itu, Prabowo yang dinilai, lebh cenderung menunjukkan melalui gerak tangan yang menunjuk-nunjuk, sementara Jokowi yang memperlihatkan dengan mengulang-ngulang kata itu. dalam diri Prabowo, Monica menambahkan, ada kedipan mata yang lebih cepat dari biasanya. Hal ini disebabkan dua hal,

“Bisa stres, bisa juga udaranya dingin sekali jadi (berkedip) untuk membasahi mata,” katanya.

WAJIB BACA :  Sekjen Demokrat: Survei Jokowi Turun, Debat Sebagai Kesempatan Emas bagi Prabowo !

Secara verbal, Cawapres Ma’ruf Amin yang terlihat irit bicara. Sehingga panggung kubu 01 yang didominasi oleh Jokowi. Walaupun sempat diberi kesempatan, namun Ma;ruf yang justru menyikapi pernyataan Jokowi, dimana Ma’ruf Amin yang menolak dengan mengatakan, cukup, saya mendukung pernyataan Pak Jokowi.

Lihat Juga : IDI Berikan Respons soal Pernyataan Prabowo: Banyak Dokter Digaji di Bawah Rp 3 Juta…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here