Soal Transparansi, Jokowi Blak-Blakan Sebut Kahiyang Ayu Pernah Tidak Lulus Tes CPNS !

0
4523
Copyright©kompas

CEK FAKTA: Anak Presiden Jokowi Disebut Tidak Lulus Tes CPNS !

Indowarta.com – Calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo yang menyatakan mengenai proses seleksi aparatur sipil negara (ASN) di era pemerintahannya yang telah berjalan dengan transparan dan akuntabel. Terlalu transparannya, ia yang menyebut bahwa putrinya sendiir, Kahiyang Ayu, diketahui tidak lolos seleksi CPNS pada 2017 lalu.

Lihat Juga : Dibalik Momen Naik-Turun Alis Jokowi dan Aksi Joget Prabowo di Debat Pilpres !

“(Soal tes CPNS) rekrutmennya berjalan dengan transparan, akuntabel, dan bisa semua orang melihat dan sekarang sudah kita lakukan. Semuanya bisa cek, hasilnya juga bisa cek, anak saya tidak bisa terima di situ karena memang tidak lulus,” ujar Jokowi dalam debat Pilpres pada Kamis (19/1/2019) malam.

WAJIB BACA :  Saat Ditanya Prabowo Sebut Dirinya akan Jadi Presiden, Reaksi Jokowi Mengejutkan !
Copyright©cnnindonesia

Lantas bagaimana faktanya ?

Pada 2017 silam, Kahiyang Ayu yang tengah mengikuti seleksi tes CPNS sebagai Pemeriksa Pertama Pemerintah Kota Surakarta. Dari hasil keterangan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Yuddy Chrisnandi, dimana pihaknya yang menjamin tak ada keistimewaan yang diberikan kepada putri presiden itu.

“Anak presiden saja enggak dapat fasilitas dari jabatan ayahnya tidak jadi prioritas dan tidak KKN. Masak anak sata mau begitu. Malu sama presiden dong,” kata Yuddy pada 3 November 2014 lalu.

Lihat Juga : Jokowi dan Prabowo yang Diprediksi Cuci Tangan soal HAM di Debat Capres Nanti !

Diketahui bahwa total poin yang telah diraih Kahiyan Ayu pada saat itu yakni 300, yang terdiri dari nilai Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 50, tes Intelegensia Umum (TIU) 95, dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 155. Sementara melihat pada peraturan CPNS pada waktu itu, seorang peserta CPNS dinyatakan lolos jika memenuhi passing grade 70 untuk TWK, 126 untuk TKP dan 75 untuk TIU.

WAJIB BACA :  Saat Ditanya Prabowo Sebut Dirinya akan Jadi Presiden, Reaksi Jokowi Mengejutkan !

Di sisi lain, Capres Joko Widodo yang kembali menegaskan soal transparasi dan tanggung jawab pemerintah untuk mengerjakan program-program. Disini Jokowi yang mengaku merasa enjoy saat bekerja lantaran tidak mempunyai masa lalu yang membebani.

“Pertama, akan saya mulai dari saya, Pak Prabowo, saya tidak memiliki beban masa lalu sehingga enak dalam bekerja, enak dalam memberi perintah,” pungkas Jokowi dalam debat capres 2019 di Hotel Bidakara, Jaksel, Kamis (17/1/2019).

Lihat Juga : Jokowi Disebut Bohong soal Asal SMA-nya, Gibran Rakabuming beri Komentar Mengejutkan !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here