Saat Jokowi Bebaskan Ba’asyir, Aktivis HAM Soroti Napi Lansia Lain !

0
324
Copyright©liputan6

Usai Jokowi Bebaskan Ba’asyir, Napi Lansia Lain Jadi Sorotan Aktivis HAM !

Indowarta.com – Aktivis hak asasi manusia Haris Azhar yang menganggap jika narapidana kasus terorisme, Abu Bakar Ba’asyir yang berhak mendapat pembebasan tanpa syarat yakni dengan alasan kemanusiaan. Dimana pria bersuai 80 tahun tersebut yang diketahui telah menjalani 2/3 masa hukumannya dari vonis 15 tahun,

Lanjut Baca : Jokowi Sebut Gerindra Terbanyak Ajukan Caleg Koruptor, Berikut Daftar Namanya !

Yang sudah menerima pengurangan masa tahanan. Namun, dia yang lantas meminta kepada pemerintah untuk tidak diskriminatif kepada ribuan narapidana lansia yang lain yang diketahui juga berkeinginan untuk menghirup udara bebas.

Copyright©merdeka

“Saya bisa setuju dengan alasan Jokowi [dengan membebaskan karena] kemanusiaan. Tapi apakah hal itu bisa diterapkan pada ribuan orang yang ingin JC (justice collaborator), grasi, remisi dan orang yang mengajukan amnesti?” ucap dia ketika ditemui CNNIndonesia.com di Tjikini Lima, Jakarta Pusat pada Minggu (20/1).

WAJIB BACA :  Harga BBM Harus Sama di Seluruh Pelosok Negeri!

Dia lantas mengatakan jika tak semua narapidana mempunyai pengacara yang mempunyai hubungan dengan preiden seperti halnya Yusril Ihza Mahendra untuk ABB. Disini Yusril yang memperkirakan mengajukan grasi kepada Presiden Jokowi, tetapi 4 ribu lebih narapidana lansia yang lain tersebut tak mempunyai akses yang sama.

Sehingga dia meminta kepada semua permintaan dari narapidana untuk ditinjau ulang, dibuka dan ditelaah dengan adil dengan melihat pertimbangan dan kesempatan yang serupa dengan Ba’asyir.

Lanjut Baca : Soal Transparansi, Jokowi Blak-Blakan Sebut Kahiyang Ayu Pernah Tidak Lulus Tes CPNS !

Sementara ia tak heran jika pembebasan tersebut didasari ke arah politik. Tetapi baginya yang utama, hal yang telah dialami Ba’asyir tersebut juga dapat dirasakan oleh para napi yang lainnya.

WAJIB BACA :  Alasan Kenapa Jokowi Cabut Status Darurat Gunung Agung!

“Jadi kalau hari ini orang ramai gara-gara ini faktor mau pilpres, ada yang bilang bahwa ini untuk membelah dukungan Prabowo yang kebanyakan berbasis Islam dengan memberikan satu hadiah pada ABB yang representasinya kelompok sana ya mungkin bisa saja,” ucapnya.

Dimana kebebasan dari Ba’asyir tersebut diakui Haris yang tak dapat sebagai satu-satunya dasar mengenai keadilan korban terorisme. Dimana negara tampaknya harus berperan penting demi memberikan pengurangan penderitaan dan kerugian terhadap korban.

Lanjut Baca : Dibalik Momen Naik-Turun Alis Jokowi dan Aksi Joget Prabowo di Debat Pilpres !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here