4 Fakta di Balik Pembebasan Abu Bakar Baasyir dari Penjara !

0
286
Copyright©liputan6

4 Fakta di Balik Pembebasan Abu Bakar Baasyir dari Penjara !

Indowarta.com – Selain Ahok, kabar gembira juga datang dari pimpinan Jamaah Anshorut Tauhid Abu Bakar Baasyir. Dimana Presiden Jokowi yang bakal membebaskan napi terorisme tersebut dari Lapas Gunung Sindur, Bogor, pekan depan. Adapun kabar itu yang diungkapkan oleh utusan Presiden Jokowi, Yusril Ihza Mahendra kepada anggota Tim Pengacara Muslim, mahendra Datta.

Lihat Juga : PDIP Menegaskan Abu Bakar Ba’asyir Harus Taat Pancasila !

“InsyaAllah menurut janji Yusril atau Presiden, dalam waktu minggu depan. Caranya belum disampaikan, berbagai cara wewenang pemerintah,” kata Mahendra dalam jumpa pers di kantornya, Fatmawati, Jakarta Selatan, Sabtu (19/1/2019).

WAJIB BACA :  Prestasi Tak Jamin Elektabilitas Menguat, Jokowi Diminta Waspada !

Sebelumnya majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, yang memvonis Abu Bakar Baasyir dengan hukuman 15 tahun penjara. Berikut ini beberapa fakta soal pembebaan Abu Bakar Baasyir dari penjara :

1 Bebas Tanpa Syarat

Copyright©cnnindonesia

Jokowi bakal membebaskan Abu Bakar Baasyor tanpa syarat. Ketika menjalani hukuman, Baasyir yang sebetulnya berhak mendapatkan bebas bersyarat sejak 13 Desember lalu. Lantaran sudah menjalani dua pertiga dari masa hukuman selama 15 tahun penjara yang telah mendapatkan remisi selama 36 bulan. Tetapi, pimpinan JAT yang menolak kebebasan apabila bersyarat.

2 Alasan Kemanusiaan

Abu Bakar Baasyir yang berusia menginjak 81 tahun. Diusia yang tak lagi muda, tercatat beberapa kali keluar masuk rumah sakit lantaran kondisi kesehatan yang menurun saat berada di lembaga pemasyarakat 9 tahun terakhir.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Tawa Renyah Ahok Ketika Disebut Dapatkan Backup dari Jokowi dalam Pilkada DKI !

3 Baasyir Sambut Gembira Kebebasannya

Kabar kebebasannya yang rupanya dak dapat disembunyikan oleh pimpinan JAT ketika hendak menunaikan ibadah salat Jumat bersama pendamping dan petugas. Dia tak berhenti mengucapkan rasa syukur atas kabar gembira itu.

“Perasaannya ya bersyukur kepada Allah. Kalau Allah memang nanti menginzinkan, bisa jadi bersyukur kepada Allah,” ucap Abu Bakar Baasyir.

Lihat Juga : Abu Bakar Ba’asyir Bebas, Namun Tolak Tanda Tangan Taati Pancasila ?

4 Masih Menunggu Proses Administrasi

Lepas dari itu, pelaksanaan pembebasan yang menunggu proses administrasi. Dimana pihak Lapas Gunung Sindur yang sudah menunggh surat perintah dari Kementerian Hukum dan HAM soal pembebasan Baasyir.

“Ini kan masih proses belum dilakukan. Eksekusinya belum. Jadi kami tidak akan panjang lebar, karena sudah disaksikan bapak-bapak tadi, langsung yang menyampaikannya Prof Yusril. Kami menunggu perintah dulu dari pak Menteri, dari Dirjen, Kakanwil. Kalau sudah ada suratnya baru kami akan laksanakan,” ungkap Plt Kalapas Gunung Sindur Agus Salim.

Lihat Juga : Ba’asyir Akan Lakukan Cek Kesehatan di RSCM Pagi Ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here