Pengacara Ba’asyir Sebut, Kliennya Pilih Diberikan Remisi Ketimbang Bebas Bersyarat !

0
323
Copyright©cnnindonesia

Pengacara : Ba’asyir Memilih Diberikan Remisi Daripada Bebas Bersyarat !

Indowarta.com – Terpidana kasus terorisme Abu Bakar Ba’asyir yang pernah mengatakan ia berharap dapat bebas dari pencara. Namun salah satu cara yang ia inginkan yakni dengan pemberian remisi besar.

“Ustaz juga ngomong ke Pak Yusril, kalau mau menolong saya, itikad baik mau nolong saya, tolong kasih remisi saja yang besar dan itu setelah beberapa kali kami kaji,” ucap pengacara Ba’asyir dari Tim Pengacara Muslim, Mahendradatta di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (23/1).

Lihat Juga : Jokowi Diminta Hapus Syarat Teken Setia Kepada Pancasila untuk Abu Bakar Baasyir !

Berdasarkan penuturannya, terdapat salah satu terpidana yang mendapat remisi besar. Dimana terpidana tersebut mendapat remisi 77 bulan.

WAJIB BACA :  4 Fakta di Balik Pembebasan Abu Bakar Baasyir dari Penjara !

Jadi kalau memang mau nolong kasih aja remisi. Kami kan baca beritanya di detikcom. Hukumannya lebih lama dan masuknya lebih belakangan dari ustaz,” ungkapnya.

Copyright©liputan6

Dia mengatakan, sewajarnya remisi bisa diberikan dengan lebih mudah sehingg tak perlu menimbulkan polemik. Tetapi, Yusril yang kekeuh bebas tanpa syarat.

“Tapi Pak Yusril bilang udahlah ustaz enggak usah dipikirin, maunya bebas tanpa syarat. Setelah Idul Fitri kan ada, Idul Fitri saja saya dikasih remisi kan selesai,” ucapnya.

Di sisi lain, pengacara Ba’asyir yang lain, Achmad Michdan yang mengatakan soal percakapan Ba’asyir dengan Yusril Ihza Mahendra. Hal tersebut diungkapkan ketika bertemua dengan Wakil Ketua DPRD Fadli Zon di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (23/1/2019). Adapun Michdan yang mengatakan,

WAJIB BACA :  Pengacara : Abu Bakar Ba’asyir Lebih Pilih Dipenjara Dan Tolak Bebas Bersyarat !

Bahwa Yusril menyambangi Ba’asyir dua kali yaitu pada 12 dan 18 Januari. Sementara di tanggal 18, Baasyir mengaku setuju untuk dibebaskan.

“Pada tanggal 18 itu, kami sendiri tidak tahu apa yang mau dibahas tujuannya. Tapi kemudian ada pembicaraan bahwa ustaz setuju dibebaskan,” kata Michdan di lokasi, Rabu (23/1).

Lihat Juga : 4 Fakta di Balik Pembebasan Abu Bakar Baasyir dari Penjara !

Sementara Michdan yang melanjutkan, Ba’asyir yang meminta waktu guna membereskan perlengkapannya di lapas. Adapun Yusril yang menjelaskan jika tak perlu waktu lama untuk proses administrasi pembebasan Ba’asyir.

“Pak Yusril bilang secara administrasi enggak perlu lama, sehari selesai. Karena ini harinya hari Jumat, Sabtu libur, Senin nanti diberi kabar,” ucapnya.

WAJIB BACA :  Bertemu di Istana Negara, Yusril dan Jokowi Bahas Masalah Ini !

Kemudian, kuasa hukum Ba’asyir yang disebut tak perlu repot mengurusi segala sesuatu yang ada kaitannya dengan pembebasan Ba’asyir. Lantaran semua hal tersebut telah dikoordinasikan oleh Kapolri dan Menteri Hukum dan HAM.

“Kemudian kami sebagai penasihat hukumnya juga menyampaikan apakah ini ada hal-hal yang harus dilakukan penasihat hukum berkaitan dengan administrasi. Oh nggak perlu, karena sudah dikoordinasikan dengan Menkum HAM dan Kapolri,” ujarnya.

Lihat Juga : Antara Kemanusiaan dan Aturan dalam Upaya Tahanan Rumah Abu Bakar Baasyir!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here