BPN Minta Bawaslu Usut Andi Widjayanto yang Bawa-bawa Jan Ethes ke Pilpres !

0
3077
Copyright©tirto

Jan Ethes & Cara Jokowi Ungguli Prabowo dalam Kampanye di Medsos !

Indowarta.comJan Ethes disebut-sebut sebagai kelebihan yang dipunya dari Jokowi adapun yang tidak dipunya oleh Prabowo Subianto. Setidaknya itulah yang diakui oleh Ketua Cakra 19, Andi Widjajanto. Dimana Andi yang menilai dengan adanya Jan Ethes, pamor Jokowi dapat melejit daripada pesaingnya.

Ikuti Juga : Soal Pernyataan Prabowo Menkeu Pencetak Utang, TKN Jokowi-Ma’ruf Ingatkan Hal Ini !

“Contohnya kartun pak Jokowi main bom-bom car dengan Jan Ethes, itu viral di mana-mana,” ujar Andi, dikutip dari Tempo.

Cakra 19 merupakan salah satu kelompok simpatisan dari Jokowi-Ma’ruf Amin. Cakra 19 yang dibentuk pada Agustus 2018 oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan yang beranggotakan para pensiunan TNI ini. Sementara juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Ferdinand Hutahaean yang

WAJIB BACA :  Presiden Jokowi Tunjukkan Rasa Belasungkawa Saat Seorang Petani Kendeng Meninggal Dunia!
jokowi
Copyright©kompas

Menilai soal pamor melalui putra pertama Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda ini tak jadi soal. Hal tersebut, tandasnya, dapat melanggar aturan kampanye.

“Sangat tidak elok dan bahkan bentuk dari pelanggaran terhadap aturan kampanye,” kata Ferdinand kepada reporter Tirto, Minggu (27/1/2019) lalu. “Ini sungguh memprihatinkan karena Jokowi malah menggunakan anak kecil untuk menambah elektabilitas dia.”

Aturan yang disebut oleh Ferdinand yakni sebetulnya lebih tepat mengarah pada Pasal 15 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak, bukan UU Pemilu (UU 7/2017). Disana dikatakan jika setiap anak berhak untuk mendapat perlindungan dari penyalahgunaan dalam kegiatan politik.

Ikuti Juga : Polisi Ringkus Pelaku Penipuan Tawarkan Pinjaman & Lunas Jika Jokowi Menang Pilpres !

“Politik ini sekarang keras. Nanti Jan Ethes di-bully publik kasihan juga,” tambahnya. “Jangan sampai ada statement seperti itulah [pernyataan Andi], bahwa Jan Ethes jadi alat untuk mengerek elektabilitas.”

Sementara kritikan yang juga turut diutarakan oleh Hidayat Nur wahid, politikus senior PKS. Melalui akun Twitter miliknya yang sudah terverifikasi, HNW takut jika ini jadi “legitimasi pelibatan anak-anak dalam kampanye”. Ia yang lantas meminta kepada Bawaslu RI untuk segera bertindak.

WAJIB BACA :  Demokrat Sebut Jokowi Seperti Camat Ketika Paparkan Visi dan Misi !

Adapun Jokowi yang sempat mengatakan jika Jan Ethes memang sering diajak kunjungan kerja. Memang tak ada alasan khusus dengan kegiatan seperti itu.

Yang gampang itu ya yang kecil. Ya diajak ke mana-mana, ya enggak sekolah, ya sudah ajak,” kata Jokowi Oktober lalu, dikutip dari Antara.

Ikuti Juga : Kepuasan Kinerja Jokowi Tak Berbanding Lurus dengan Elektabilitas, Apa Sebabnya ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here