Kini jadi Sosok Agresif, Mengapa Jokowi Berubah ? Ini Kata Pengamat !

0
12171
Copyright©kompas

Jokowi Agresif Lakukan Serangan, Pengamat Politik Sebut Tanda-tanda Ia Tertekan !

Indowarta.com – Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo atau sering dipanggil Jokowi yang dinilai menjadi sosok yang agresif saat menyerang lawan politiknya pada Pemilihan Presiden 2019. Seperti sejumlah kesempatan, dia yang diketahui tak lagi sungkan melontarkan pernyataan-pernyataan menohok menyindir lawannya,

Lihat Juga : Fadli Zon Sebut Jokowi Mulai Putus Asa Saat Hadapi Prabowo !

Yakni pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Sementara pengamat politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio yang mengatakan bahwa Jokowi kini jadi sosok yang berbeda.

Copyright©merdeka

“Jokowi menyerang saja sudah merupakan Jokowi yang berbeda dari 2014. He is a different Jokowi,” ujar Hendri melalui keterangan tertulis, Senin (4/2/2019).

WAJIB BACA :  Singgung 'Presiden Baru', Bos Bukalapak Akhirnya Minta Maaf ke Pendukung Jokowi !

Yang diperlihatkan Jokowi tersebut dinilai tak wajar dilakukan oleh petahana. Hendri yang melihat teorinya, petahana yang hampir selalu bertahan. Namun dia juga mengklaim sejumlah prestasinya. Tetapi, seorang petahana seharusnya tidak akan menyerang. Lalu, mengapa berubah dan berbeda ?

Disini, Hendri yang menilai adanya perubahan tersebut bisa dimaksudkan dengan dua hal. Pertaa, ini menunjukkan jika Jokowi dalam tekanan.

“Saat ini dia dalam keadaan tertekan sehingga menyerang keluar dinilai sebagai cara bertahan terbaik,” ujar Hendri.

Dimana citra Jokowi yang negatif yakni salah satu yang membuat dirinya tertekan. Ditambah dengan sejumlah tren politik yang dianggap tak menguntungkan Jokowi sebagai petahana. Seperti, ekonomi akar rumput yang belum memperlihatkan perbaikan dan juga elektabilitas yang mumpuni. Alasan kedua yakni tentang kebutuhan Jokowi soal citra pemimpin tegas.

WAJIB BACA :  Pengamat Menilai, Saat Prabowo Salat Jumat Rentan Timbulnya Politisasi Isu Agama !

Hendri yang melihat survei lembaganya KedaiKOPI yang menunjukkan citra tegas yang terlihat masih melekat pada sosok Prabowo Subianto. Menurut Hendri, sebetulnya citra yang sederhana yang selama ini melekap pada Jokowi memang mampu menarik masyarakat. Dimana citra inilah yang sukses mambawa Jokowi

Lihat Juga : Demokrat Berikan Toleransi untuk Kader yang Dukung Jokowi !

Sebagai pemenang dalam Pilpres 2014. Tetapi, citra itu yang kini tidak lagu cukup. Sehingga, Jokowi yang punya citra-citra lain lantaran sejumlah aksinya seperti naik motor modifikasi.

“Saat ini citra yang melekat kepada Jokowi menjadi terlalu beragam,” ujar Hendri.

Namun ada yang lain dengan gaya kampanye calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo pada akhir pekan pertama Februari ini. Dimana Jokowi yang dinilai mulai menunjukkan ketegasannya saat memainkan strategi menyerang. Ia mengatakan satu per satu pernyataan dan tudingan sebelumnya yang pernah dilontarkan oleh pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno serta kubunya.

Lihat Juga : Jokowi Sindir Penyewa Konsultan Asing dan Propaganda Rusia !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here