Penganiayaan 2 Pegawai KPK Tergolong Katergori Merintangi Penyidikan Korupsi !

0
563
Copyright©okezone

Soal Penganiayaan Penyelidik KPK, Saut Situmorang Sebut CCTV Hotel Borobudur Diformat !

Indowarta.com – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku geram mendengar kasus penganiayaan yang telah menimpa dua pegawainya saat tengah melakukan pengecekan indikasi korupsi di Hotel Borobudur, Jakarta. Berdasarkan keterangan Saut, aksi kekerasan tersebut dapat dikategorikan sebagai bentuk merintangi penyidikan KPK.

Lanjut Baca : KPK Pastikan Ancaman Hukuman Mati Bagi Koruptor Dana Bencana Tsunami !

“Soal adanya tanggapan publik apakah pemukulan itu masuk katagori yang bisa KPK kenakan menghalangi kerja-kerja KPK dikaitkan dengan pasal 21 Undang-Undang (Nomor) 31 tentang Tipikor, nanti KPK pelajari lebih dahulu,” kata Saut kepada Okezone, Selasa (4/2/2019).

WAJIB BACA :  Fahri Hamzah Kaget Saat Setya Novanto Dijemput Paksa KPK!
Copyright©merdeka

Pasal itu berbunyi, ‘Setiap orang yang dengan sengaja mencegah, merintangi, atau menggagalkan secara langsung atau tidak langsung penyidikan, penuntutan, dan pemeriksaan di sidang pengadilan terhadap tersangka dan terdakwa maupun para saksi dalam perkara korupsi, dipidana dengan pidana penjara paling singkat 3 tahun dan paling lama 12 tahun penjara atau denda paling sedikit Rp150 juta dan paling banyak Rp600 juta’.

Di sisi lain, proses pidana umum, Saut yang menjelaskan, pihaknya sudah melimpahkan sepenuhnya kepada pihak polisi untuk mengusut tuntas aksi penganiayaan dua pegawai lembaga antirusuh itu.

“Pidana umumnya tentu kita harap Polri melakukan upaya kasusnya segera ke tingkat penyidikan , sambil menunggu berapa hari ke depan korban pasca operasi retak hidung bisa dimintai keterangan,” tutur Saut.

WAJIB BACA :  Asa Kasus Teror Novel Baswedan Menggantung di Tangan Jokowi!

Lanjut Baca : Ruang Kerja Menpora Imam Nahrawi Digeledah oleh KPK, Ini Alasannya !

Adapun Saut yang berharap menemukan titik terang soal kasus pengeroyokan dua pegawai KPK tersebut.

“Saya melihat ada upaya kerjasama yang baik dengan Tim dari Polri. Ini prosenya masih berjalan, doakan saja ini cepat bisa ditentukan siapa siapa saja yang terkait kasus penganiayaan tersebut,” papar Saut.

Diketahui dua pegawai KPK yang dianiaya oleh sekelompok orang di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, pada Minggu, 3 Februari 2019, walau sudah menunjukkan kartu identitas dan mengaku tengah bertugas. Akibatnya pegawai itu yang mengalami luka parah di sejumlah bagian tubuhnya.

Lanjut Baca : Terungkap, KPK Bongkar Penyebab Garuda Indonesia Rugi Tiap Tahunnya !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here